Evaluasi Implementasi Saiba Dalam Rangka Transisi Sakpa Menuju Sakti Pada Satuan Kerja Pembinaan Pendidikan Keaksaraan Dan Kesetaraan Kembikbud

TiaraS, DesakGede (2016) Evaluasi Implementasi Saiba Dalam Rangka Transisi Sakpa Menuju Sakti Pada Satuan Kerja Pembinaan Pendidikan Keaksaraan Dan Kesetaraan Kembikbud. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk evaluasi implementasi sistem informasi akuntansi yang diterapkan di Kementerian/Lembaga Pemerintah, pada Satuan Kerja Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Evaluasi terhadap implementasi SAIBA dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Tahapan implementasi akuntansi berbasis akrual oleh Kemenkeu dilakukan dari menyusun kebijakan akuntansi, mengembangkan sistem akuntansi yang semula menggunakan aplikasi SAKPA kemudian digantikan dengan aplikasi SAIBA sebelum menuju aplikasi SAKTI yang akan menjadi aplikasi instansi terintegrasi. Tugas Kemenkeu selanjutnya, yaitu mengimplementasikan aplikasi basis akrual tersebut pada satuan kerja, melalui pelatihan maupun melalui modul. Namun demikian, masih ada beberapa kendala yang dialami operator dalam mengoperasikan aplikasi SAIBA, yang berdasarkan hasil penelitian pengimplementasian aplikasi SAIBA ini salah satunya disebabkan perbedaan data saat rekon dari aplikasi SIMAK-BMN ke aplikasi SAIBA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/246/ 051604939
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jul 2016 11:05
Last Modified: 25 Jul 2016 11:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108661
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item