Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing (Studi Kasus Pada Pabrik Pupuk Cv. Anugrah Tani Makmur Di Gresik)

Chrisnes, Alfa Nehemia (2016) Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing (Studi Kasus Pada Pabrik Pupuk Cv. Anugrah Tani Makmur Di Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan antar perusahaan dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing cukup ketat di pasar, sehingga penting bagi perusaan untuk melakukan perhitungan harga pokok produksi yang tepat. Selama ini perusahaan memang sudah melakukan perhitungan harga pokok produksinya namun masih belum sesuai dengan standart akuntansi yang benar, hal tersebut disebabkan karena staf keuangan perusahaan belum mengerti bagaimana menghitung harga pokok produksi yang benar sesuai dengan standart akuntansi. Sehigga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan antara perhitungan harga pokok produk yang ditetapkan oleh pihak perusahaan selama ini dengan perhitungan menggunakan metode full costing. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode full costing. Metode full costing merupakan salah satu metode perhitungan harga pokok produksi yang memasukkan semua biaya yang muncul dalam proses produksi. Metode full costing merupakan metode yang cukup membantu dalam terjadinya suatu produk itu menjadi overcosting atau undercosting yang diakibatkan oleh ketidaksesuaian dalam pembebanan biaya. Hasil perhitungan harga pokok produksi dengan perhitungan metode full costing terlihat nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan perhitungan harga pokok produksi metode perusahaan. Perbedaan nilai yang terjadi disebabkan karena pembebanan biaya overhead pabrik yang dihitung menggunakan metode full costing lebih lengkap serta terperinci dengan baik sesuai dengan akuntansi yang benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/215/051604558
Uncontrolled Keywords: Metode Full Costing, Harga Pokok Produksi, Harga Jual.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 May 2016 13:48
Last Modified: 12 Nov 2021 01:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108627
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item