Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dan Kesesuaian Dengan Konsep Triple Bottom Line: Implementasi Pelaksanaan Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Bumn (Studi Pelaksanaan Pkbl Pada Pt Semen Indonesia (P

Sarrang, Irene (2016) Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dan Kesesuaian Dengan Konsep Triple Bottom Line: Implementasi Pelaksanaan Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Bumn (Studi Pelaksanaan Pkbl Pada Pt Semen Indonesia (P. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan adalah dengan dijalankannya kegiatan PKBL. Melalui PKBL ini, setiap BUMN diharapkan dapat mewujudkan tujuan didirikannya BUMN yakni turut aktif dalam memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai kesesuaian pelaksanaan PKBL sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dengan konsep Triple Bottom Line . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data diperoleh melalui wawancara dengan karyawan yang bertugas di bagian PKBL PT Semen Indonesia dan melalui observasi partisipan, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan PKBL yang dilaksanakan oleh perusahaan telah memenuhi prinsip Triple Bottom Line. Dimensi sosial terwujud melalui adanya kegiatan Bina Lingkungan Peduli, dimensi lingkungan (Planet) terwujud dengan dilaksanakannya aksi menanam pohon dan dan dimensi keuangan terwujud dengan memberikan bantuan kredit lunak dan pembinaan usaha kepada UKM di Indonesia. Sebagai bentuk tanggung jawab dari pelaksanaan PKBL, perusahaan wajib membuat Laporan PKBL per triwuland an pertahun dan harus diserahkan ke Kementrian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/172/051603883
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 May 2016 09:53
Last Modified: 28 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108578
[thumbnail of IRENE_SARRANG_125020301111010.pdf]
Preview
Text
IRENE_SARRANG_125020301111010.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item