Evaluasi Pengendalian Internal atas Sistem dan Prosedur Pemungutan Pajak Hotel (studi kasus pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten ponorogo)

Nugraha, HelmiKusuma (2016) Evaluasi Pengendalian Internal atas Sistem dan Prosedur Pemungutan Pajak Hotel (studi kasus pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten ponorogo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak hotel merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah yang dapat dikembangkan potensinya. Pajak hotel sebagai salah satu sumber pendapatan daerah harus memiliki suatu sistem dan prosedur yang dijalankan dengan baik mulai pendaftaran, pendataan, penetapan, pembayaran serta pelaporan. Karena prosedur tersebut rawan akan penyimpangan yang dilakukan, maka diperlukan pengendalian intern yang baik dalam pemungutan pajak hotel untuk mengontrol seluruh kegiatan yang berjalan. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengendalian internal atas penerapan sistem dan prosedur pemungutan pajak hotel yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Pengelolaan keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ponorogo (DPPKAD). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif dengan menggunakan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pemungutan pajak hotel di DPPKAD memiliki pengendalian internal yang lemah, yaitu kurangnya sumber daya manusia seperti kurangnya tenaga ahli di bidang pendapatan dan masih lemahya pengawasan dalam hal pemungutan pajak hotel. Oleh karena itu, DPPKAD perlu melakukan perbaikan atas sistem pengendalian internal ini guna mencegah terjadinya kecurangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/17/051603111
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 May 2016 14:32
Last Modified: 28 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108574
[thumbnail of EVALUASI_PENGENDALIAN_INTERNAL_ATAS_SISTEM_PEMUNGUTAN_PAJAK_HOTEL.pdf]
Preview
Text
EVALUASI_PENGENDALIAN_INTERNAL_ATAS_SISTEM_PEMUNGUTAN_PAJAK_HOTEL.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item