Perbedaan Hasil Belajar Bahasa Jepang Berdasarkan Seleksi Jalur Snmptn, Sbmptn Dan Mandiri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2015

Putra, Fatkul Pratama (2018) Perbedaan Hasil Belajar Bahasa Jepang Berdasarkan Seleksi Jalur Snmptn, Sbmptn Dan Mandiri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh seseorang untuk meningkatkan kualitas diri agar mampu bersaing dalam kehidupan. Dalam pendidikan, minat dan bakat adalah hal utama yang harus ada dalam diri seseorang agar proses pembelajaran dapat maksimal. Universitas merupakan jenjang tertinggi dalam pendidikan di mana seseorang mengembangkan minat dan bakatnya. Jalur seleksi masuk perguruan tinggi yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar Bahasa Jepang mahasiswa jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2015 yang telah menyelesaikan 4 semester dengan pertimbangan bahwa mahasiswa angkatan 2015 yang telah menyelesaikan mata kuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Sumber data dalam penelitian ini adalah IPK terakhir mahasiswa angkatan 2015. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pencarian data IPK terakhir kepada setiap mahasiswa angkatan 2015. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, menghitungnya menggunakan bantuan SPSS, kemudian data-data tersebut diuji menggunakan uji One-way ANOVA. Hasil penelitian ini adalah mahasiswa SNMPTN yang diharapkan mendapat hasil melebihi jalur yang lain, fakta yang peneliti temukan bahwa jalur SBMPTN memiliki IPK rata-rata terbesar dan jalur Mandiri memiliki IPK rata-rata terbesar kedua, sedangkan jalur SNMPTN yang diunggulkan mendapat IPK rata-rata tertinggi, faktanya mendapat IPK rata-rata tertinggi ketiga diantara jalur lainnya. Saran untuk calon mahasiswa adalah memilih program studi yang berkaitan dengan Bahasa asing secara matang dan masuk perguruan tinggi dengan jalur apa saja tidak menjadi patokan atas kepintaran seseorang. Saran untuk pengajar adalah membuat metode pembelajaran yang variatif agar mahasiswa tidak bosan dan dapat meningkatkan minat terhadap materi yang disampaikan.

English Abstract

人生で競争するためには、自己の質を向上させるために教育が必要である。教育では、興味と才能最大の学習プロセスのために人に存在しなければならない主なのである。大学は、人々の興味と才能を発達するための最高レベルの教育である。入学選択経路は三つ、SBMPTNとSNMPTNとMandiriという選択経路である。本研究の目的は、大学生におけるSBMPTN、SNMPTN、Mandiriの選択経路の学習結果の違いを考察ことである。 本研究では、定量的という研究方法が使用された。データは日本語教育学科の2015年生の4学期を経っていた。理由は、2015年生が日本語の科目を勉強していた。本研究ではデータのソース2015年のデータの最新GPA学生クラスは、2015年のデータ分析は、データを収集することによって行われ、クラスの生徒全員に最後のCPIデータ検索に収集され、SPSSを使用して、それを計算するには、これらのデータは、ワンを用いて試験しました一元ANOVA. 本研究の結果、SNMPTNの選択経路の良い成績を手にいられるような大学生である。研究にとってSBMPTNの選択経路の大学生は成績が平均で一番良いである。そして、第二はMandiriの選択経路の大学生の成績である。良い成績を手んいられるのが期待されるSNMPTNの選択経路の大学生は成績が他のより悪いである。大学生になりたいものに大学を選ぶ前に専門を考えるのが提案である。教えるものに勉強が効果的な勉強になるように面白い教授法を使うのが提案である。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/48/051801646
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 23 May 2018 01:13
Last Modified: 25 Oct 2021 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10857
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (556kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (702kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (167kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item