Penetapan Harga Pokok Produksi Usaha Kerupuk Ikan Menggunakan Metode Full Costing (Studi Kasus Pada Usaha Kerupuk Ikan Ud. Sumber Rasa Banyuwangi)

Maulidya, Fira (2016) Penetapan Harga Pokok Produksi Usaha Kerupuk Ikan Menggunakan Metode Full Costing (Studi Kasus Pada Usaha Kerupuk Ikan Ud. Sumber Rasa Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menentukan harga pokok produksi pada usaha kerupuk ikan UD. Sumber Rasa menggunakan metode full costing dan untuk mengetahui biaya-biaya apa saja yang terkait dalam proses produksi pada. Sejak awal berdiri UD. Sumber Rasa belum pernah melakukan perhitungan harga pokok produksi sesuai dengan standar akuntansi, sehingga terjadi ketidaktepatan dalam penetapan harga pokok produksinya. Sejalan dengan permasalahan yang ada maka tujuann penelitian ini yaitu memperbaiki perhitungan harga pokok produksi UD. Sumber Rasa dengan menggunakan metode full costing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif studi kasus, yaitu penelitian dengan maksud memecahkan permasalahan yang terjadi dalam UD. Sumber Rasa. Sumber datanya menggunakan data sekunder. Jenis datanya kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan triangulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa UD. Sumber Rasa dalam memperhitungkan biaya produksinya seperti biaya overhead pabrik yang terdiri dari biaya kayu bakar, biaya plastik, biaya makan, biaya solar, listrik dan air tersebut masih menggunakan estimasi. Penelitian ini menghasilkan berbedaan dari hasil perhitungan harga pokok produksi menurut UD. Sumber Rasa dengan perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode full costing yang diperhitungkan sesuai dengan biaya yang telah terpakai dalam proses produksi. Dalam hal ini dari perbedaan perhitungan harga pokok produksi dapat mempengaruhi UD. Sumber Rasa dalam mendapatkan laba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/150/051603861
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Apr 2016 15:47
Last Modified: 28 Oct 2021 03:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108553
[thumbnail of SKRIPSI_FIRA_MAULIDYA_125020201111043.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FIRA_MAULIDYA_125020201111043.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item