Pengaruh Perencanaan Strategi Dan Inovasi Terhadap Kinerja Usaha (Studi Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Potensi Ekspor Di Kabupaten Blitar)

Zakiyah, NurLailatuz (2016) Pengaruh Perencanaan Strategi Dan Inovasi Terhadap Kinerja Usaha (Studi Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Potensi Ekspor Di Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam persaingan usaha yang semakin ketat, program-program perencanaan strategi dan pengembangan inovasi wajib dilakukan oleh setiap pelaku usaha khususnya home industry atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar mampu mempertahankan usaha dengan meningkatkan kinerja yang unggul dari pesaingnya. Sebagaimana hasil penelitian terdahulu dari Novia (2011) dalam Aldilah (2015:21) bahwa penerapan perencanaan strategi menjadi penggerak lahirnya inovasi. Inovasi akan berpengaruh terhadap kinerja usaha, sehingga perencanaan strategi untuk melakukan inovasi pada akhirnya akan meningkatkan kinerja usaha. Seperti yang dikemukakan oleh Rue dan Ibrahim (1998) dalam Dinda (2006:8) bahwa UMKM yang secara formal memiliki perencanaan strategi menghasilkan kinerja diatas rata-rata dibandingkan UMKM yang tidak memiliki perencanaan strategi, maka fokus dari peningkatan kinerja usaha terletak pada perencanaan strategi. Perencanaan strategi yang tepat untuk melakukan sebuah inovasi akan mendorong keberhasilan usaha dalam mengimplementasikan konsep pengembangan usaha sehingga diharapkan UMKM Potensi Ekspor di Kabupaten Blitar dapat bertahan dan memiliki daya saing dalam kompetisi usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara perencanaan strategi dan inovasi terhadap kinerja usaha. Pengambilan sampel penelitian sejumlah populasi yaitu sebanyak 22 responden dengan menggunakan metode nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi langsung memberikan kuesioner dan melakukan wawancara. Berdasarkan pada analisis PLS yang telah dilakukan, nilai koefisien pengaruh langsung perencanaan strategi terhadap kinerja usaha adalah 0,505, nilai koefisien pengaruh langsung perencanaan strategi terhadap inovasi adalah 4,137, nilai koefisien pengaruh langsung inovasi terhadap kinerja usaha adalah 0,516, nilai koefisien pengaruh tidak langsung adalah 0,126. Tingkat signifikansi lebih kecil dari 5% (0,050). Dapat disimpulkan bahwa perencanaan strategi tidak berpengaruh secara langsung maupun tidak langung terhadap kinerja usaha melalui inovasi, namun perencanaan strategi berpengaruh secara langsung terhadap inovasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/134/051603228
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Apr 2016 14:33
Last Modified: 28 Oct 2021 02:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108535
[thumbnail of Nur_Lailatuz_Zakiyah_125020201111019_Manajemen_S1.pdf]
Preview
Text
Nur_Lailatuz_Zakiyah_125020201111019_Manajemen_S1.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item