Peningkatan Pelayanan Order Fulfillment Pada Proses Supply Chain Management Untuk Meningkatkan Kepuasan Partner Dalam Hubungan Business-to-Business (Studi Pada Retail Produk Air Minum ASA Ber-MOU di W

Hapsari, TaraWinda (2016) Peningkatan Pelayanan Order Fulfillment Pada Proses Supply Chain Management Untuk Meningkatkan Kepuasan Partner Dalam Hubungan Business-to-Business (Studi Pada Retail Produk Air Minum ASA Ber-MOU di W. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pelayanan pemenuhan pesanan yang telah dilaksanakan oleh produsen produk air minum ASA terhadap kepuasan dari retailer dalam rangka pelaksanaan proses supply chain downstream, berdasarkan variabel pesanan pembelian, pengiriman pesanan, kontrol persediaan, dan penjualan & pengembalian. Hasil dari pengukuran pengaruh tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi kemudian diberikan tahapan-tahapan peningkatan layanan order fulfillment dalam rangka memaksimalkan layanan perusahaan untuk menjaga hubungan dengan retailer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan antar variabel dari proses order fulfillment tersebut terhadap kepuasan retailer. Analisa yang digunakan adalah analisa kuantitatif dengan statistik inferensial. Data primer yang dijadikan bahan analisa berasal dari 18 responden pemilik retail yang memiliki MoU dengan produsen air minum dalam kemasan ASA Jasa Tirta. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda diketahui hasil bahwa variabel-variabel pemenuhan pesanan yaitu pesanan pembelian (X1), pengiriman pesanan (X2), kontrol persediaan (X3), dan penjualan & pengembalian (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat Kepuasan Retailer (Y) dengan nilai Fhitung sebesar 8,864. Dari seluruh variabel bebas tersebut, variabel kontrol persediaan (X3) memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan partner bisnis dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,453. Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa produsen perlu mempertahankan kinerja kontrol persediaan dari produsen atas produk yang beredar di retail. Selain itu produsen juga perlu memberikan perbaikan internal perusahaan dengan tahapan optimalisasi supply chain management agar dapat mempertahankan dan mengembangkan hubungan dengan partner bisnis dalam jangka waktu panjang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/126/051603220
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 May 2016 08:32
Last Modified: 28 Oct 2021 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108526
[thumbnail of TARA_WINDA_HAPSARI_-_FEB_-_125020201111025.pdf]
Preview
Text
TARA_WINDA_HAPSARI_-_FEB_-_125020201111025.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item