Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Richeese Factory)

Annisa, Fitri (2016) Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Richeese Factory). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring berjalannya waktu, pertumbuhan internet di dunia semakin pesat. Jumlah pengguna internet di Indonesia juga meningkat dari tahun ke tahun. Pertumbuhan pengguna internet ini juga berpengaruh terhadap pertumbuhan pengguna media sosial dan mobile. Meningkatnya penggunaan dan popularitas media sosial telah mendorong munculnya istilah electronic word of mouth (eWOM). Adanya eWOM telah dimanfaatkan oleh banyak bisnis tidak terkecuali pada bisnis kuliner. Salah satu bisnis kuliner yang berkembang di Indonesia saat ini adalah Richeese Factory. Konsep eWOM yang diterapkan oleh Richeese Factory pada media sosial Instagram, yaitu platform assistance, concern for other consumers, dan expressing positive feelings. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh eWOM yang terdiri atas variabel platform assistance, concern for other consumers, dan expressing positive feelings di media sosial Instagram terhadap minat beli konsumen Richeese Factory. Jenis penelitian ini ialah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survey dilakukan kepada 180 responden pengguna akun Instagram Richeese Factory. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan mengguanakan alat analisis regresi linear berganda. Berdasarkan pengujian hipotesis F, seluruh variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hasil uji t menunjukkan bahwa concern for other consumers, dan expressing positive feelings secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Variabel yang paling dominan mempengaruhi minat beli ialah variabel expressing positive feelings.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/123/051603217
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 May 2016 15:42
Last Modified: 28 Oct 2021 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108523
[thumbnail of 125020201111010.pdf]
Preview
Text
125020201111010.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item