Pengaruh kecakapan manajerial dan struktur modal pada kinerja dan nilai perusahaan.

Damayanti, Nadia (2015) Pengaruh kecakapan manajerial dan struktur modal pada kinerja dan nilai perusahaan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecakapan manajerial dan struktur modal pada kinerja dan nilai perusahaan, dengan variabel kontrol ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan. Sampel dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011, 2012, dan 2013. Penelitian ini menggunanan Data Envelopment Analysis (DEA) untuk mengukur kecakapan manajerial, dan struktur modal diukur menggunakan DER. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin cakap seorang manajer maka akan meningkatkan kinerja perusahaan yang diukur dengan ROA dan nilai perusahaan yang diukur dengan harga saham. Selain itu, semakin tinggi tingkat DER maka semakin rendah kinerja perusahaan yang diukur dengan ROA dan nilai perusahaan yang diukur dengan harga saham. Variabel kontrol ukuran perusahaan terbukti berpengaruh positif terhadap ROA maupun harga saham. Variabel kontrol pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif terhadap ROA namun pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap harga saham perusahaan.

English Abstract

This research aims to examine the effect of managerial ability and capital structure on firm performance and firm value, with firm size and firm growth as control variable. Research samples were manufacturing companies listed on Indonesia Stock Exchange (IDX) at 2011, 2012, and 2013. This research used Data Envelopment Analysis (DEA) to measure managerial ability, and capital structure were measured by DER. The results of this research showed that more skilled manager will inrease firm performance as measured by ROA and firm value as measured by share price. Another result shows that higher rate of DER will decrease firm performance as measured by ROA and firm value as measured by share price. Control variable firm size is proved to have significant positive effect on ROA and share price. Firm growth has significant positive effect on ROA, but has no effect on share price.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/8/051501437
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 20 Feb 2015 15:26
Last Modified: 28 Oct 2021 01:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108433
[thumbnail of Surat_keterangan_penelitian.pdf]
Preview
Text
Surat_keterangan_penelitian.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._SKRIPSI_-_NADIA_DAMAYANTI.pdf]
Preview
Text
1._SKRIPSI_-_NADIA_DAMAYANTI.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Surat_Pernyataan.pdf]
Preview
Text
Surat_Pernyataan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item