Pelaksanaan Strategi Nation Branding Pemerintah Islandia Melalui Kampanye Inspired By Iceland Untuk Memperkuat Citra Islandia Sebagai Destinasi Pariwisata Dunia Pasca Erupsi Gunung Eyjafjallajökul Tahun 2010-2016

Rajasa, Ade Kurnia (2018) Pelaksanaan Strategi Nation Branding Pemerintah Islandia Melalui Kampanye Inspired By Iceland Untuk Memperkuat Citra Islandia Sebagai Destinasi Pariwisata Dunia Pasca Erupsi Gunung Eyjafjallajökul Tahun 2010-2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Erupsi Gunung Eyjafjallajökul yang terjadi pada tahun 2010 menyebabkan media internasional memberitakan negara Islandia sebagai tempat yang berbahaya bagi aktivitas pariwisata. Pemberitaan negatif media internasional tentang Islandia ini membuat masyarakat dunia takut untuk melakukan perjalanan wisata ke Islandia. Oleh karena itu, Pemerintah Islandia kemudian mengambil langkah untuk memperkuat citra negara sebagai destinasi pariwisata dengan strategi nation branding yang dilakukan melalui Inspired by Iceland yang dilakukan dari tahun 2010 hingga tahun 2016. Dalam menganalisa pelaksanaan strategi nation branding yang dilakukan oleh Pemerintah Islandia, penulis menggunakan konsep nation branding strategy yang ditulis Keith Dinnie. Hasil analisis menunjukkan bahwa selama 6 tahun pelaksanaan pelaksanaan strategi nation branding yang dilakukan oleh Pemerintah Islandia, kampanye Inspired by Iceland berhasil memperkuat citra Islandia sebagai destinasi pariwisata dunia. Penguatan citra Islandia sebagai destinasi pariwisata kemudian juga diikuti dengan peningkatan jumlah turis di Islandia yang berhasil membawa dampak positif terhadap perekonomian dari Islandia.

English Abstract

Eyjafjallajökul eruption that occurred in 2010 caused international media to label Iceland as a dangerous place for tourism activity. The negative news of foreign media about Iceland makes the world afraid to travel to Iceland. Therefore, Iceland government take a step to strengthen their nation image as tourism destination by the nation branding strategy through Inspired by Iceland Image that has been done from 2010 until 2016. In analyzing nation branding strategy of the Iceland Government, the author uses nation branding strategy concept from Keith Dinnie. The result of the analysis show that during 6 years implementation of nation branding strategy undertaken by Iceland government, the Inspired by Iceland campaign managed to strengthen image from Iceland as world tourism destination. The strengthening of Iceland's image as a tourism destination is also followed by an increase in the number of tourists in Iceland which has had a positive impact on the economy of Iceland.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/267/051803888
Uncontrolled Keywords: Islandia, nation branding, Inspired by Iceland Campaign, Pariwisata Islandia, citra Islandia
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 May 2018 07:12
Last Modified: 21 Oct 2021 03:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10839
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)

Actions (login required)

View Item View Item