Pelaksanaan Pengawasan Dan Monitoring Pembiayaan Guna Meminimalisir Risiko Dalam Pembiayaan Murabahah Pada Pt. Bni Syariah Tbk. Cabang Malang

Nuryawan, AhmadDwi (2015) Pelaksanaan Pengawasan Dan Monitoring Pembiayaan Guna Meminimalisir Risiko Dalam Pembiayaan Murabahah Pada Pt. Bni Syariah Tbk. Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pelaksanaan pengawasan dan monitoring pada BNI Syariah Malang untuk mengantisipasi terjadinya resiko pengembalian pembiayaan murabahah bermasalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus yang merupakan salah satu strategi dalam sebuah penelitian kualitatif. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan metode interview, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif. Untuk menjaga agar pembiayaan yang diberikan kepada nasabah dapat berjalan sesuai dengan perjanjian maka perbankan perlu melakukan pengawasan dan monitoring terhadap pembiayaan tersebut. Pengawasan dan monitoring dilaksanakan untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan baik bagi berlangsungnya pembiayaan dan kemungkinan risiko yang timbul dari pemberian pembiayaan tersebut. Adapun hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pengawasan dan monitoring pembiayaan yang dilakukan BNI Syariah Malang terhadap pembiayaan murabahah melalui dua cara yaitu dengan pengawasan langsung dan pengawasan administratif. Perbandingan jumlah pembiayaan murabahah yang disalurkan terhadap pembiayaan bermasalah di BNI Syariah Malang pada tingkat Non Performing Financing masih di bawah 5% termasuk dalam kategori pembiayaan yang sehat. BNI Syariah Malang harus tetap mengantisipasi serta meningkatkan pengawasan dan monitoring pembiayaan murabahah yang telah disalurkan demi meminimalkan pembiayaan bermasalah yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/759/051600222
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Feb 2016 11:06
Last Modified: 28 Oct 2021 01:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108389
[thumbnail of Ahmad_Dwi_Nuryawan_115020307111016.pdf]
Preview
Text
Ahmad_Dwi_Nuryawan_115020307111016.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item