Analisis Implementasi Fleksibilitas Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (Studi Kasus Pada Rsud Kabupaten Kediri)

Ayuingtyas, AnissaPutri (2015) Analisis Implementasi Fleksibilitas Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (Studi Kasus Pada Rsud Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penerapan fleksibilitas PPK-BLUD pada RSUD Kabupaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada RSUD Kabupaten Kediri. Adapun teknik pengumpulan data penelitian yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan setelah RSUD Kabupaten Kediri ditetapkan menjadi PPK-BLUD pada tahun 2010 dan baru mengimplementasikan PPK-BLUD pada tahun 2013 pendapatan rumah sakit mengalami peningkatan yang cukup signifikan dan tepat waktu dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Fleksibilitas yang telah diterapkan RSUD Kabupaten Kediri masih berupa pengelolaan pendapatan, belanja, pengelolaan pegawai, utang/piutang, pengadaan barang dan jasa serta pembentukan dewan pengawas. Fleksibilitas yang belum sepenuhnya diterapkan rumah sakit berupa penetapan tarif layanan, remunerasi, investasi, dan pengelolaan aset. Hal ini dikarenakan RSUD Kabupaten Kediri masih belum maksimal dalam memanfaatkan fleksibilitas BLUD yang telah diberikan. Di dalam proses implementasi fleksibilitas PPK-BLUD di RSUD Kabupaten kediri masih mengalami kendala, yaitu belum adanya Pemahaman yang sinergis terkait implementasi fleksibilitas BLUD antara pihak Pemerintah Kabupaten Kediri dengan pihak RSUD Kabupaten Kediri sehingga pihak rumah sakit masih ragu dalam menjalankan fleksibilitasnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/751/051600214
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Feb 2016 11:07
Last Modified: 28 Oct 2021 01:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108381
[thumbnail of Anissa_Putri_Ayuningtyas_115020302111004.pdf]
Preview
Text
Anissa_Putri_Ayuningtyas_115020302111004.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item