Studi Komparasi Biaya Transaksi Pada Perdagangan Online Dan Offline (Studi Kasus Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kota Malang).

Faris, Miftah (2015) Studi Komparasi Biaya Transaksi Pada Perdagangan Online Dan Offline (Studi Kasus Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era globalisasi ekonomi membuat perdagangan lebih kompetitif dan hal ini UMKM dituntut untuk dapat bersaing dengan perusahaan besar dan produk asing. Strategi pemasaran pada umumnya adalah perdagangan offline, namun saat ini adanya pemasaran yang menggunakan teknologi dan internet atau bisa disebut pemasaran modern atau online. Penelitian ini membandingkan variabel ekonomi kelembagaan yaitu biaya transaksi (ex-ante cost dan ex-post cost) antara perdagangan online dan offline dengan uji beda independent sample t-test dan sampel yang diteliti berjumlah 25 responden. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat tingkat efisiensi secara relatif antara perdagangan online dan offline yang dilihat dari besaran biaya transaksi yang dikeluarkan. Setelah dilakukan serangkaian uji perbedaan perdagangan offline dan perdagangan online memiliki kesamaan atau bersifat homogen yang berarti tidak memiliki perbedaan yang signifikan diantara keduanya. Namun, jika dilihat dari setiap rata-rata variabelnya, biaya negosiasi, biaya administrasi, biaya salah adaptasi dan biaya pengiriman perdagangan offline lebih efisien dibandingkan dengan online dan hanya biaya pengelolaan iklan, perdagangan online dinilai lebih efisien dibandingkan dengan perdagangan offline.

English Abstract

The era of economic globalization make trade more competitive and it is SMEs are required to be able to compete with large companies and foreign products. Marketing strategy in general is offline trading, but this time their marketing using technology and the Internet or can be called e-commerce. This study compares transaction costs (ex-ante and ex-post cost) between online and offline business with independent sample t-test and the sample under study amounted to 25 respondents. The purpose of this study is to look at relative levels of efficiency between online and offline business, from the amount of transaction costs incurred. After a series of test, offline and online business have similar or homogeneous which means it does not have a significant difference. However, from any average variable like a negotiation cost, administrative cost, maladaptation and delivery charges, offline trading more efficient than online trading. Only advertising management cost in online trading is considered more efficient compared to offline trading.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/75/051501722
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Mar 2015 07:45
Last Modified: 28 Oct 2021 01:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108379
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item