Pengaruh Pbv, Eps, Dan Der Terhadap Harga Saham Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Intervening : Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2009-2013

Devi, IreneNathasia (2015) Pengaruh Pbv, Eps, Dan Der Terhadap Harga Saham Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Intervening : Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2009-2013. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Price Book Value (PBV), Earning Per Share (EPS), dan Debt to Equity Ratio (DER) baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap harga saham dengan menggunakan kebijakan dividen sebagai variabel intervening. Dividend Payout Ratio (DPR) dipakai sebagai proksi kebijakan dividen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2009 sampai 2013 dengan jumlah observasi 160. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk mengukur pengaruh langsung dan tidak langsung masing- masing variabel terhadap harga saham. Berdasarkan hasil analisis jalur, penelitian ini membuktikan bahwa PBV berpengaruh positif terhadap kebijakan deviden, sedangkan EPS dan DER berpengaruh negatif terhadap kebijakan deviden. Kebijakan deviden berpengaruh positif terhadap harga saham. PBV dan EPS berpengaruh positif terhadap harga saham, DER berpengaruh negatif terhadap kebijakan deviden. Hasil analisis tidak langsung, pengaruh PBV, EPS, dan DER terhadap harga saham dapat dimediasi melalui kebijakan deviden. Hasil penelitian membuktikan bahwa DPR memediasi pengaruh PBV, EPS, dan DER terhadap harga saham sehingga diharapkan bagi para investor untuk melihat DPR sebagai variabel yang dapat mempengaruhi pergerakan harga saham secara tidak langsung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/747/051600210
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Feb 2016 08:10
Last Modified: 28 Oct 2021 01:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108376
[thumbnail of SKRIPSI_PDF.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item