Peran Koperasi Syariah Dalam Mendukung Terciptanya Kesejahteraan Anggota Dan Masyarakat (Studi Pada Kopersi Agro Niaga/Kanindo Syariah Cabang Pembantu Pakisaji, Kabupaten Malang).

Qasthalani, Muhammad (2015) Peran Koperasi Syariah Dalam Mendukung Terciptanya Kesejahteraan Anggota Dan Masyarakat (Studi Pada Kopersi Agro Niaga/Kanindo Syariah Cabang Pembantu Pakisaji, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penduduk Indonesia pada tahun 2015 kurang lebih telah mencapai 250 juta penduduk. Hal ini menjadikan Indonesia merupakan negara terbesar ke-4 dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Dengan banyaknya penduduk di Indonesia tak menjadikannya sebagai negara yang sejahtera. Bahkan sebagian besar penduduknya sulit untuk memenuhi kesejahteraannya. Untuk itulah perlu adanya lembaga keuangan terutama lembaga keuangan mikro untuk membantu masalah keuangan para penduduknya. Seiring dengan berkembangnya sistem keuangan syariah yang ada di Indonesia, maka lembaga keuangan syariah dan mikro syariah pun terbentuk. Dalam penelitian kali ini akan dibahas tentang peran salah satu lembaga keuangan mikro syariah, yakni koperasi syariah dalam membantu terciptanya kesejahteraan anggota dan masyarakat. Penelitian ini bertempat di daerah Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lembaga yang dimaksud tersebut bernama Kanindo Syariah Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian tersebut Kanindo Syariah meberikan peran positif bagi pengguna jasanya terutama bagi pengguna jasa pembiayaan. Namun sayangnya masih terdapat noda hitam pada tubuh Kanindo Syariah Pakisaji yang mencoreng jatidirinya sebagai sebuah koperasi. Untuk itulah Kanindo Syariah Pakisaji harus segera berbenah diri sebelum nantinya mendapat sanksi dari pihak yang berwenang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/705/051600168
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Feb 2016 08:23
Last Modified: 27 Oct 2021 10:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108330
[thumbnail of skripsi_utuh.pdf]
Preview
Text
skripsi_utuh.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item