Pengembangan Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Sukaku Alami Organik Food Batu

Khair, Muthi Abul (2014) Pengembangan Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Sukaku Alami Organik Food Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan secara lebih mendalam mengenai karakteristik segmen pasar sasaran, faktor-faktor bauran pemasaran yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih rumah makan yang ada di Kota Batu, penentuan positioning produk yang perlu dilakukan oleh Rumah Makan (RM) Sukaku Alami, dan strategi pemasaran yang sesuai dengan segmen pasar sasaran RM Sukaku Alami. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Hasil analisis menunjukkan karakteristik segmen pasar sasaran RM Sukaku Alami dapat dijelaskan berdasarkan karakteristik geografi, demografi, psikografi dan perilaku. Berdasarkan geografi, pengunjung terbanyak yang berwisata ke Kota Batu adalah Kota Surabaya. Berdasarkan demografi, rombongan yang paling banyak dijumpai pada hari libur adalah dari rombongan sekolah baik SD, SMP, SMA atau Universtitas, pada hari biasa dari keluarga dan teman. Berdasarkan psikografi, wisata yang paling banyak dijumpai pada hari libur adalah Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, pada hari biasa museum angkut. Berdasarkan perilaku, saat menikmati makanan pada hari libur rombongan wisatawan menggunakan jasa katering (nasi kotak), pada hari biasa mencari rumah makan/ restoran terkenal di pinggir jalan. Dari faktor-faktor bauran pemasaran pertimbangan konsumen dalam memilih rumah makan di Kota Batu adalah harga; harga yang terjangkau, adanya paket harga, harga sesuai kualitas, tempat; tempat yang strategis mudah di akses, suasana yang nyaman, tempat parkir yang luas, produk; menu produk yang bervariasi, memiliki komposisi yang bergizi, cita rasa yang lezat, produk yang disajikan higienis, promosi; mempunyai website khusus, adanya peta petunjuk dalam brosur, adanya potongan harga atau diskon, publikasi yang disampaikan sesuai dengan kualitas produk. Penentuan positioning produk yang perlu dilakukan oleh RM Sukaku Alami adalah melakukan inovasi-inovasi pengembangan produk dengan menciptakan variasi menu baru, harga yang terjangkau, kesegaran bahan baku, tampilan masakan serta bahan pelengkap dan porsi yang pas. Sehubungan dengan hasil penelitian ini maka strategi pemasaran yang sesuai dengan segmen pasar sasaran yang dapat digunakan oleh RM Sukaku Alami adalah dengan menerapkan strategi positioning produk dan pengembangan pemasaran dari bauran pemasaran.

English Abstract

This study aims to describe and explain in more detail about the characteristics of the target market segments, marketing mix factors considered by consumers in choosing a restaurant in Batu, determining product positioning needs to be done by Rumah Makan (RM) Sukaku Alami, and appropriate marketing strategies to target market segments RM Sukaku Alami. This type of research is a descriptive study. The analysis shows the characteristics of the target market segment RM Sukaku Alami can be explained by the characteristics of geographic, demographic, psychographic and behavioral. Based on the geography, most visitors who traveled to Batu is the city of Surabaya. Based on demographics, the group most often found on the holiday party is of good elementary school, junior high, high school or university, on weekdays from family and friends. Based on psychographic, travel most often found on the holiday is Java Park 1 and Java Park 2, on a normal day transport museum. Based on the behavior, while enjoying the food on holiday vacationers using the services of catering (lunch boxes), on weekdays find a restaurant / famous restaurant on a side street. Of the marketing mix factors consumer considerations in choosing a restaurant in Batu is the price; affordable price, the existence of a package price, the price according to the quality, the place; strategic place easily accessible, comfortable atmosphere, large parking area, the product; product menu varied, nutritious composition, taste delicious, served hygienic products, promotions; has a special website, any user map in the brochure, any rebates or discounts, publications submitted in accordance with the quality of the product. Determination of product positioning needs to be done by RM Sukaku Alami is to create innovative product development by creating new menu variations, affordable price, the freshness of raw materials, appearance and cuisine as well as supplementary material portion of the fitting. In connection with these results it is appropriate marketing strategy to target market segments that can be used by RM Sukaku Alami is the product positioning strategy and marketing development of the marketing mix.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/7/051500614
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Strategi Pemasaran, Karakteristik Segmen Pasar Sasaran, Faktor- faktor Bauran Pemasaran, Positioning Produk,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Feb 2015 15:00
Last Modified: 11 Nov 2021 07:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108323
[thumbnail of Skripsi_Strategi_RM.Sukaku_Alami.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Strategi_RM.Sukaku_Alami.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item