Pengaruh PER, EPS, ROE, Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI)

Siahaan, AndiAntamaAgustinus (2015) Pengaruh PER, EPS, ROE, Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari PER, EPS, ROE secara simultan, parsial, dan variabel mana yang paling berpengaruh secara dominan. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI sejumlah 21 perusahaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Data Sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara langsung melalui media perantara. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari Situs Perusahaan Manufaktur dan situs Indonesia Stock Exchange (IDX). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui studi documenter yaitu dengan melakukan observasi dan pencatatan data yang terdapat dalam laporan. Terdapat dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel independen (X) dan variabel dependen (Y). Variabel terikat (dependen) adalah variabel yang nilainya ditentukan oleh variabel tidak terikat (independen). Dalam penelitian ini variabel dependennya adalah harga saham (Y). Variabel independen adalah variabel yang mempengaruhi atau menjadi penyebab terjadinya perubahan atau timbulnya variabel dependen. Dalam penelitian ini variabel independennya adalah EPS (X1), ROE (X2), PER (X3). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesisi. Hasil penelitian ini faktor PER, EPS, ROE bersignifikansi secara Simultan dan Parsial, EPS merupakan variabel yang paling dominan hal ini dikarenakan EPS merupakan tolak ukur perusahaan untuk menunjukkan laba yang dapat dihasilkan setiap lembar saham yang beredar selama satu periode.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/690/051508525
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Nov 2015 10:43
Last Modified: 27 Oct 2021 10:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108313
[thumbnail of Pengaruh+PER,+EPS,+ROE,+Terhadap+Harga+Saham+(+Studi+Pada+Perusahaan+Manufaktur+Yang+Terdaftar+Di+BEI+).pdf]
Preview
Text
Pengaruh+PER,+EPS,+ROE,+Terhadap+Harga+Saham+(+Studi+Pada+Perusahaan+Manufaktur+Yang+Terdaftar+Di+BEI+).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item