Pengaruh Pengumuman Perubahan Dividen Terhadap Harga Saham

Widsatrya, IWayanKrisna (2015) Pengaruh Pengumuman Perubahan Dividen Terhadap Harga Saham. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara pengumuman perubahan dividen, kenaikan dividen, dan penurunan dividen terhadap harga saham yang dilakukan oleh perusahaan. Pemilihan sampel yang menggunakan teknik purposive sampling menghasilkan 55 perusahaan yang mengumumkan kenaikan dividen dan 46 perusahaan yang mengumumkan penurunan dividen pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010-2014. Metode analisis yang digunakan adalah uji t satu sampel dan analisis regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada abnormal return positif pada saat pengumuman kenaikan dividen dan abnormal return negatif pada saat pengumuman penurunan dividen. Pada pengumuman perubahan dividen menunjukkan hubungan yang positif dengan harga saham, yang berarti semakin tinggi perubahan dividen yang dibayarkan maka harga saham akan semakin naik. Pada pengumuman kenaikan dividen menunjukkan hubungan yang positif dengan harga saham, yang berarti semakin tinggi kenaikan dividen yang dibayarkan maka harga saham akan semakin naik. Sedangkan pada pengumuman penurunan dividen menunjukkan tidak adanya hubungan dengan harga saham, semakin tinggi penurunan dividen yang dibayarkan maka tidak akan berpengaruh terhadap harga saham.

English Abstract

The purpose of this research is to examine the effect of dividend change announcement, dividend increase, and dividend decrease on stock prices used by the company. By using purposive sampling technique, 55 companies that announced dividend increases and 46 companies that announced dividend decrease on companies listed in Indonesia Stock Exchange during 2010-2014. The data analysis technique uses a one-sample t test and multiple regression analysis. The results show that there are positive abnormal return during the dividend increase announcement and a negative abnormal return during the dividend decrease announcement. In the dividend change announcement, it shows a positive relationship with stock prices. It means that greater change in dividends paid results in higher stock prices. In the dividend increase announcement, there is a positive relationship with stock prices which results in higher stock price. In the case of dividend decrease announcement, it shows no correlation with the stock price.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/665/ 051508500
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 26 Nov 2015 11:24
Last Modified: 26 Nov 2015 11:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108285
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item