Identifikasi Kompetensi Inti Dan Analisis Rantai Nilai Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada Usaha Olahan Apel Ksu Brosem Di Kota Batu

Perwita, Faradilla (2015) Identifikasi Kompetensi Inti Dan Analisis Rantai Nilai Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada Usaha Olahan Apel Ksu Brosem Di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia pariwisata di Kota Batu saat ini menjadi semakin pesat. Perkembangan ini berpengaruh pula terhadap munculnya industri olahan buah apel yang merupakan ikon Kota Batu. Dengan adanya hal ini, maka menimbulkan pengaruh secara tak langsung pada persaingan bisnis yang semakin ketat. Adanya persaingan mendorong perusahaan yang telah lama berdiri untuk mempertahankan posisi bersaingnya sedangkan perusahaan yang baru harus dapat menampilkan keunggulan yang lebih spesifik sehingga dapat bersaing dalam industri. Persaingan strategis dapat dicapai jika perusahaan mengembangkan dan menerapkan keunggulan kompetitif secara berkelanjutan Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan yang ada sekarang dengan menyajikan data, menganalisis data, dan menginterpretasikannya. Data-data yang diteliti meliputi lingkungan internal perusahaan yang meliputi sumber daya yang dimiliki perusahaan dan aktifitas operasional perusahaan. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan pendekatan Resources-Based View (RBV) dan analisis rantai nilai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis menggunakan pendekatan Resources-Based View, sumber daya dan kapabilitas pada usaha olahan apel KSU Brosem yang memenuhi kriteria untuk menjadi kompetensi inti dan menjadi sumber keunggulan bersaing adalah sumber daya tak berwujud yaitu sumber daya reputasi, sumber daya moral organisasi, sumber daya pemahaman teknik, sumber daya akumulasi pengalaman dan sumber daya merek dagang. Sedangkan hasil analisis rantai nilai menunjukkan bahwa aktifitas primer yang paling berperan untuk pengembangan usaha olahan apel KSU Brosem yaitu aktifitas operasi perusahaan. Aktifitas sekunder yang berperan kuat untuk pengembangan perusahaan adalah Manajemen Sumber Daya Manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/663/ 051508498
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 26 Nov 2015 15:16
Last Modified: 26 Nov 2015 15:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108283
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item