Marketing Politik Teman Ahok dalam menikkan Citra Politik Ahok Di Pilkada DKI Jakara 2017

Wardani, Linda Kusuma (2018) Marketing Politik Teman Ahok dalam menikkan Citra Politik Ahok Di Pilkada DKI Jakara 2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Pilkada DKI Jakarta 2017 muncul sekelompok anak muda untuk mendukung sesosok figure Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa dengan Ahok maju kembali mencalonkan Gubernur. Mereka sekolompok anak muda tersebut membentuk relawan untuk Ahok diberi nama dengan Teman Ahok dan memiliki peran sebagai kelompok pengumpulan persyaratan untuk Ahok mencalonkan diri sebagai calon independen. Meskipun pada akhirnya Ahok memutuskan maju mencalonkan diri melalui jalur partai, namun Teman Ahok tetap memiliki peran sebagai relawan Ahok dimana menginginkan Ahok menang dan tetap mendukung di Pilkada DKI Jakara 2017 dan dimana Teman Ahok memliki jargon #TETAPAHOK. Selain sebagai sebuah kelompok relawan politik, Teman Ahok juga menggunakan cara-cara tersendiri agar dapat tertampil berbeda dan menarik. Hal ini dibuktikan dengan aktivitas kampanye politik yang dilakukan oleh Teman Ahok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan konsep Marketing Politik. Kemudian konsep marketing Politik digunakan sebagai analisis untuk mengidentifikasi kelompok Teman Ahok tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam melakukan proses Marketing politiknya, Teman Ahok memanfaatkan media sosial untuk kampanye politik dan memanfaatkan nya menyebarkan pesan-pesan politik, serta mengawasi isu-isu SARA yang berkembang di masyarakat dan menggandeng beberapa publik figure untuk testimony positif tentang kinerja maupun figure Ahok secara personal hal tersebut untuk menarik masyarakat untuk mendukung Ahok di Pilkada DKI Jakarta. Hal-hal tersebut yang pada akhirnya membuat Teman Ahok dapat diterima dan dipercaya oleh masyarakat sebagai kelompok relawan politik.

English Abstract

On PILKADA DKI Jakarta 2017 there is some teenagers group showing up to support a figure of BasukiTjahjaPurnama or usually called Ahok to nominate again to become a Governor. They forming a volunteers for Ahok and they give it name is Friends of Ahok, then they have a role as an accumulation group to regulated Ahok for nominate himself as independent. Even though, in the end Ahok decide to nominate himself on party pathway. While Friends of Ahok still have a role as volunteers which wanted Ahok win and stand still on purpose in Pilkada DKI 2017 and Friends of Ahok had special words like #TETAPAHOK. In addition to a politic group of volunteers, friends of Ahok also using another ways that could looks different and interesting. This thing can be proved with some policy campaign activity who have done with them. This research use qualitative methods with policy marketing concept. Then, the concept of policy marketing will be use as quantitative on policy marketing. After then, that concept will be use as analysis for identifying a group of ahok friends. The result showing that how to do the process of policy marketing, friends of Ahok harness social media for campaign and to spread all about political messages, also watching what the rumors have been evolved in society and then to hooks some public figure for positive testimonials about performance as well as figure of Ahok in personality to make people interest so they will support him in Pilkada DKI Jakarta. All that matters will make friends of Ahok be accepted and trusted on society as volunteers policy group in the end.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/262/051803883
Uncontrolled Keywords: Teman Ahok, Marketing Politik
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.7 Conduct of election campaigns > 324.72 Strategy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 May 2018 05:34
Last Modified: 21 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10825
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)

Actions (login required)

View Item View Item