Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 20

Mahadika, CokordaAgung (2015) Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 20. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang dari penelitian ini didasarkan pada masalah dari inkonsistensi hasil penelitian mengenai struktur modal yang dapat dilihat menghasilkan kesimpulan yang berbeda-beda pada tahun yang sama ataupun tahun sebelumnya. Karena keputusan pendanaan atau keputusan struktur modal merupakan salah satu keputusan penting bagi manajer keuangan dalam kaitannya dengan kelangsungan operasi perusahaan. Sehingga perlu ditelusuri variabel apakah yang perlu untuk diperhatikan dalam kaitannya untuk membuat suatu struktur modal yang baik dan optimal. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian explanatory research. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk laporan keuangan yang diperoleh dari BEI periode tahun 2010-2013. Penelitian ini menggunakan 14 sampel perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI, di mana metode yang digunakan untuk menentukan sampel adalah metode purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini ada dua, variabel bebas yaitu profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuahan penjualan, dan ukuran perusahaan, serta variabel terikat yaitu Struktur Modal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier berganda, maka dapat diketahui bahwa secara simultan variabel profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan secara parsial, hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode penelitian terdapat tiga variabel saja yang signifikan, yakni profitabilitas, struktur aktiva, dan pertumbuhan penjualan. Serta hasil penelitian ini juga menegaskan bahwa variabel yang perlu diperhatikan sekaligus yang mempengaruhi struktur modal paling dominan adalah profitabilitas. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian, maka dalam penetapan struktur modalnya, perusahaan makanan dan minuman perlu untuk melihat variabel profitabilitas, xiii struktur aktiva, dan pertumbuhan penjualan, terutama pada variabel ukuran profitabilitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/604/ 051508438
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Nov 2015 10:34
Last Modified: 20 Nov 2015 10:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108218
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item