Penyusunan Strategi Pada Perusahaan Kd2024 Denpasar

Rukmana, FeraPratiwiHusni (2014) Penyusunan Strategi Pada Perusahaan Kd2024 Denpasar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan tentu mempunyai tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu. Usaha pencapaian tujuan tersebut umumnya tidak lepas dari kondisi lingkungan eksternal maupun internal yang dalam perkembangannya saat ini selalu berubah. Strategi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan perusahaan untuk mengantisipasi ataupun menjawab tantangan perubahan pada lingkungan. Untuk menghasilkan strategi yang efektif dan efisien perusahaan harus melakukan proses manajemen strategi yang dapat dapat bermanfaat bagi perusahaan ialah perumusan strategi. Dengan perumusan strategi perusahaan dapat berjalan dengan baik dalam mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Salah satu perusahaan yang dituntut untuk selalu mengantisipasi perubahan lingkungan dengan jalan menghasilkan strategi yang tepat melalui perumusan strategi yang baik adalah Perusahaan KD2024 Denpasar. Perusahaan ini bergerak dalam industri kerajinan utamanya yang menghasilkan produk-produk aksesoris tebuat dai silver. Perumusan strategi dilakukan melalui beberapa tahapan terdiri dari Matrik EFAS dan IFAS. Tahapan selanjutnya terdiri dari Matrik SWOT, kemudian Matrik QSPM dan Matrik Grand Strategy yang nantinya akan menghasilkan berbagai alternatif strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Hasil Matrik EFAS sebesar 2,55 menunjukkan bahwa perusahaan telah cukup baik dalam mengambil keuntungan dari peluang dan berhasil menghindari dampak dari ancaman yang ada. Adapun dari lingkungan internal, hasil Matrik IFAS sebesar 3,05 menunjukkan keadaan internal perusahaan yang cukup kuat. Matrik SWOT menghasilkan beberapa alternatif strategi yaitu strategi SO, WO, ST dan WT yang dapat digunakan sesuai dengan situasi yang dihadapi perusahaan. Adapun alternatif strategi yang ditawarkan oleh hasil analisis Matrik Grand Strategi adalah Pertumbuhan Terkosentrasi, Pengembangan Produk, Pengembangan Pasar dan Inovasi. Hasil Matrik QSPM menghasilkan pilihan terbaik pada strategi Pengembangan Pasar. Dengan strategi pengembangan pasar, perusahaan nantinya diharapkan dapat memperkenalkan produk-produk yang ada sekarang ke wilayah-wilayah yang potensial secara geografis. Perusahaan diharapkan dapat mengidentifikasi pengguna baru untuk produk yang dihasilkan perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/60/051501707
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Mar 2015 14:28
Last Modified: 27 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108213
[thumbnail of SKRIPSI_FIX.pdf] Text
SKRIPSI_FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item