Alasan Konsumen Dalam Mengkonsumsi (Membeli Dan Memakai) Sepeda Sebagai Barang Mewah (Studi Pada Komunitas Sepeda Kaskus (Koskas) Chapter Malang)

Gustiawan, WahyuDede (2015) Alasan Konsumen Dalam Mengkonsumsi (Membeli Dan Memakai) Sepeda Sebagai Barang Mewah (Studi Pada Komunitas Sepeda Kaskus (Koskas) Chapter Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apa alasan konsumen dalam mengkonsumsi (membeli dan memakai) sepeda sebagai barang mewah pada Komunitas Sepeda Kaskus (KOSKAS) Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan fenomenologi. Dipilihnya pendekatan ini dikarenakan peneliti ingin mengkaji lebih mendalam kesamaan pengalaman yang dialami oleh informan ketika membeli dan memakai sepeda sebagai barang mewah. Penelitian ini menggunakan 6 informan yang didapatkan dengan metode snowball dari anggota Koskas Malang. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan arahan dalam Cresswell (2010) yang meliputi: mempersiapkan dan membaca data, meng-coding, mendiskripsikan coding, menarasikan tema dan memaknai data. Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh temuan sebagai berikut. (1) terdapat faktor internal yaitu kepribadian (personality) dari informan ketika mereka menentukan jenis sepeda apa yang ingin mereka miliki. (2) informan mendapat pengaruh dari luar (informational, value expressive, kelompok primer) ketika akan membeli sepeda. (3) para informan melihat dimensi produk yaitu berupa features, perfomances,conformance of specification, percieved quality, serviceability, aesthetics ketika akan membeli sepeda.(4) informan memiliki motivasi secara ideals motivation dan self expression motivation untuk memiliki sepeda dengan harga yang mahal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/569/ 051508403
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Dec 2015 15:28
Last Modified: 15 Dec 2015 15:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108181
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item