Analisis Efektivitas Iklan Pt. Traveloka Indonesia Di Televisi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Prakoso, DarvianDio (2015) Analisis Efektivitas Iklan Pt. Traveloka Indonesia Di Televisi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari iklan televisi Traveloka dengan menggunakan EPIC Model yang dikembangkan oleh AC. Nielsen, salah satu perusahaan peneliti pemasaran terkemuka didunia yang mencakup 4 dimensi kritis, yaitu: Empathy, Persuation, Impact, dan Communication. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survey dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sampel penelitian ini adalah 150 responden Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tabulasi sederhana dan skor rata-rata. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan EPIC Model antara lain dimensi Empathy yang digunakan untuk mengukur tingkat daya tarik dan tingkat rasa suka responden terhadap iklan televisi Traveloka. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata-rata adalah 3,686 yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori efektif. Dimensi Persuation yang digunakan untuk mengukur ketertarikan terhadap produk dan keinginan responden untuk melakukan pemesanan tiket pesawat di Traveloka. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata-rata adalah 2,849 yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori cukup efektif. Dimensi Impact yang digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan konsumen terhadap produk dan tingkat kreativitas iklan televisi Traveloka dibandingkan dengan iklan travel agen online lainnya. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata-rata adalah 3,043 yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori cukup efektif. Dimensi Communication yang digunakan untuk mengukur tingkat kejelasan informasi yang disampaikan, pemahaman terhadap informasi yang di sampaikan, serta kemampuan iklan dalam menyampaikan manfaat pemesanan tiket pesawat di Traveloka. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata-rata adalah 3,183 yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori cukup efektif. Secara keseluruhan EPIC rate, rata-rata adalah 3,19, yang artinya iklan televisi Traveloka dapat dinilai cukup efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/560/ 051508394
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Nov 2015 09:32
Last Modified: 27 Nov 2015 09:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108172
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item