Persepsi Dan Identifikasi Kebutuhan Pada Proses Pendampingan (Studi Pada : Program Pendampingan Peningkatan Kualitas Produksi Dan Kemasan Produk Bagi Umkm Di Kabupaten Jombang Jawa Timur)

Sahrain, RollyYanto (2015) Persepsi Dan Identifikasi Kebutuhan Pada Proses Pendampingan (Studi Pada : Program Pendampingan Peningkatan Kualitas Produksi Dan Kemasan Produk Bagi Umkm Di Kabupaten Jombang Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerintah Indonesia melakukan program-program pemberdayaan diberbagai bidang antara lain seperti kelautan, pertanian ekonomi dan lain-lain untuk meningkatkan kemandirian pada masyarakat. Salah satu fakus pemerintah dalam bidang ekonomi dengan meningkatkan peran usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk menunjang perkonomian Indonesia. Kemandirian ini berpotensi pada UMKM di Kabupaten Jombang, dilihat dari pertumbuhan dan penyebaran UMKM. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Jombang cukup protektif terhadap para pelaku UMKM. Upaya pengembangannya tidak hanya ditujukan untuk UMKM semata, tetapi ada juga program-program yang terkait dengan upaya pengembangan kewirausahaan hingga ke pengembangan ekspor. Disisi lain adanya permasalaha-permasalahan mendasar yang dihadapi oleh UMKM adalah lemahnya akses permodalan. Berbagai kebijakan untuk menyelesaikan permasalahan ini nampaknya terus dilakukan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pemerintah pusat menggelontorkan kredit murah melalui kredit usaha rakyat (KUR) dan juga terus mendorong peningkatan intermediasi perbankan. Di pihak lain, Pemerintah Provinsi Jawa Timur sangat serius di dalam memberikan penguatan permodalan bagi UMKM. Hal ini dibuktikan dengan program dana bergulir dan Jaminan Kredit Murah (Jamkrida).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/552/ 051508386
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 24 Nov 2015 11:04
Last Modified: 24 Nov 2015 11:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108163
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item