Zanirah, DewiNur (2015) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berkembangnya isu tanggung jawab sosial (CSR) membuat pemerintah mengeluarkan Undang-Undang yang mewajibkan perusahaan di Indonesia untuk melakukan dan mengungkapkan CSR. Namun, Undang-Undang ini tidak mengatur bagaimana dan informasi apa saja yang harus diungkapkan. Hal ini membuat luas pengungkapan CSR yang dilakukan menjadi beragam dan hanya berlatar kebutuhan perusahaan untuk membentuk image baik di mata masyarakat. Melihat keadaan tersebut, penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi luas pengungkapan CSR dalam laporan tahunan, di antaranya ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan ukuran dewan. Sampel penelitian yang digunakan adalah 78 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2014 yang memenuhi kriteria sampel yang dibutuhkan. Dengan menggunakan analisis regresi berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan ukuran dewan komisaris secara simultan berpengaruh terhadap luas pengungkapan CSR. Sedangkan secara parsial, ukuran perusahaan ditemukan berpengaruh positif, dan leverage berpengaruh negatif, sedangkan dua variabel yang lain ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap luas pengungkapan CSR. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap luas pengungkapan CSR adalah ukuran perusahaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan ukuran dewan komisaris yang digunakan mampu menjelaskan 49,5% keragaman luas pengungkapan CSR.
English Abstract
The growing issue of social responsibility (CSR) made the government created a law that requires Indonesian companies to conduct and disclose CSR. However, this law does not regulate how and what information should be disclosed. This makes the extensive of CSR disclosures to be diverse and disclosed simply because the company wants to establish a good image in the public eye. Given the circumstances, this study conducted with the aim to examine the factors that affect the extensive of CSR disclosure in annual report, including the company size, profitability, leverage, and commissioner board size. Samples used in this research are 78 companies listed on the Indonesian Stock Exchange in 2014 that meet the criteria of required sample. By using multiple regression analysis, the results showed that company size, profitability, leverage, and commissioner board size simultaneously affect the CSR disclosure. While partially, the company size found to have positive influence, and leverage has a negative effect, while two other variables found no significant effect on CSR disclosure. The variable that has the most dominant influence on CSR disclosure is the company size. This research indicates that company size, profitability, leverage, and commissioner board size that is used in this research could explain 49,5% diversity of the extensive of CSR disclosure.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/550/ 051508384 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 24 Nov 2015 09:36 |
Last Modified: | 24 Nov 2015 09:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |