Analisis Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar, BI Rate, dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Return Saham di Indonesia (Studi Komparatif Pada Saham Sektor Barang Konsumsi dan Sektor Properti dan Real Estate yang

Prastiyo, AdheRudik (2015) Analisis Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar, BI Rate, dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Return Saham di Indonesia (Studi Komparatif Pada Saham Sektor Barang Konsumsi dan Sektor Properti dan Real Estate yang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saham sektor konsumsi dan properti merupakan sektor yang memiliki sensitifitas tinggi terhadap perubahan kondisi makro ekonomi karena menghasilkan barang – barang kebutuhan pokok masyarakat. Adanya perubahan beberapa indikator makro ekonomi secara tidak langusng akan memberikan pengaruh terhadap imbal hasil (return) yang diperoleh investor melalui kinerja perusahaan dan reaksi pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengaruh indikator makro ekonomi seperti inflasi, nilai tukar, BI rate, dan pertumbuhan ekonomi pada saham sektor konsumsi dan sektor properti. Data yang digunakan adalah data kuartal dari Januari 2007 hingga Desember 2014. Penentuan sampel dilakukan dengan metode puposive sampling dengan kriteria terdaftar di Bursa Efek Indonesia, memiliki laporan keuangan lengkap, dan 10 saham dengan nilai kapitalisasi tertinggi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh variabel makro ekonomi terhadap return saham serta uji chow test untuk mengetahui perbedaan pengaruh variabel makro ekonomi terhadap return saham sektor konsumsi dan properti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial hanya inflasi yang memiliki pengaruh terhadap return saham konsumsi dan properti. Sedangkan nulai tukar, BI rate, dan pertumbuhan ekonomi tidak berpenaruh terhadap return saham konsumsi dan properti. Hasil chow test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh inflasi, nilai tukar, BI rate, dan pertumbuhan ekonomi terhadap return saham konsumsi dan properti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/527/051506246
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Sep 2015 08:44
Last Modified: 01 Nov 2021 04:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108135
[thumbnail of Skripsi_(revisi).pdf]
Preview
Text
Skripsi_(revisi).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item