Analisis Teknikal Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Dalam Trading Saham Pada Bursa Efek Indonesia (Studi Pada Indeks Idx30 Periode Agustus 2014 – Januari 2015)

Mafula, Lilik Choirotul (2015) Analisis Teknikal Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Dalam Trading Saham Pada Bursa Efek Indonesia (Studi Pada Indeks Idx30 Periode Agustus 2014 – Januari 2015). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami alat analisis analisis teknikal yang terdiri dari MACD (Moving Average Covergence Divergence), Stochastic, IRSI (Relative Strenght Index) dan Bollinger Bands sebagai dasar pengambilan keputusan oleh investor. Jenis penelitian ini adalah case study yaitu yaitu penelitian yang dilakukan tersfokus pada suatu kasus tertentu untuk diamati dan dianalisis secara cermat sampai tuntas. Sampel penelitian ini adalah tiga emiten yang baru masuk indeks IDX30 periode Agustus 2014 - Januari 2015. Sementara teknik sampling menggunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam pelitian ini menggunakan aplikasi chartnexus yang didalamnya mencakup alat analisis teknikal seperti MACD, Stochastic, RSI dan Bollinger Bands. Hasil penelitian dengan menggunakan alat analisis dari aplikasi Chartnexus menunjukkan bahwa MACD memperlihatkan pembentukan dan perubahan trend pergerakan harga saham, Stochastic memperlihatkan level overbought dan level oversold, RSI memperlihatkan level overbought dan level oversold. Dan Bollinger Bands memperlihatkan tingkat volatilitas serta peembentukan dan perubahan trend pergerakan harga saham. Penelitian selama kurun waktu enam bulan (Agustus 2014 – Januari 2015) menunjukkan bahwa PT. Astra Agro Lestari Tbk (AALI) lebih efektif menggunakan alat analisis Stochastic sebagai acuan dalam pengambilan keputusan investasi harian, PT. Vale Indonesia Tbk (INCO) lebih efektif menggunakan alat analisis MACD sebagai acuan dalam pengambilan keputusan investasi harian, sedangkan PT. Matahari Departement Store Tbk (LPPF) lebih efektif menggunakan alat analisis Bollinger Bands sebagai acuan dalam pengambilan keputusan investasi harian Dari penelitian ini maka investor diharapkan memperhatikan indikator dalam analisis teknikal agar dapat meningkatkan kualitas pengambilan keputusan transaksi perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/509/ 051506228
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Sep 2015 15:41
Last Modified: 31 Oct 2022 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108116
[thumbnail of Lilik Choirotul Mafula.pdf] Text
Lilik Choirotul Mafula.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item