Strategi Pengembangan Jasa Akomodasi Syariah Dengan Pendekatan Strategi Samudra Biru (Studi Kasus Pada Hasanah Guest House Malang)

Labuda (2015) Strategi Pengembangan Jasa Akomodasi Syariah Dengan Pendekatan Strategi Samudra Biru (Studi Kasus Pada Hasanah Guest House Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami gambaran umum perusahaan dengan analisis lingkungan internal dan eksternal, posisi perusahaan, serta alternatif strategi yang tepat bagi perusahaan. Objek penelitian adalah Hasanah Guest House yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa akomodasi berbasis syariah. Analisis pertama yang dilakukan untuk mengetahui letak posisi Hasanah Guest House dengan menggunakan analisis internal dan eksternal, CPM, IFAS, EFAS, SFAS. dan SWOT. Hasil dari analisis pertama menunjukkan strategi alternatif Hasanah Guest House terletak pada kuadran II yaitu strategi diversifikasi. Langkah strategi diversifikasi dilakukan dengan cara membuka ruang pasar baru dengan pendekatan Strategi Samudra Biru. Analisis kedua dilakukan menggunakan analisa kerangka kerja empat langkah, kanvas strategi, kerangka enam jalan, dan pengujian ide strategi samudra biru. Hasil dari analisis kedua, Hasanah Guest House mampu menciptakan inovasi nilai dengan memperbarui konsep yaitu kos premium syariah yang merupakan kos berlabel guest house dengan konsep syariah memiliki fasilitas berbeda dari kos biasa. Kemudian, menciptakan meeting room dengan tujuan memberikan kenyamanan untuk target pasar pada businessman. Meningkatkan jumlah kamar, meningkatkan pelayanan, dan mengurangi pemakaian peralatan yang berlebihan agar efektif dan efisien.

English Abstract

The purpose of this research is to understand general description of the company with internal and external environment analysis, the position of the company, as well as the appropriate strategic alternatives for the company. The object of research is Hasanah Guest House, a company engaged in sharia accommodation services. The first analysis is aimed to identify the position Hasanah Guest House by using internal and external analysis, CPM, IFAS, EFAS, SFAS, and SWOT. Results from the first analysis shows alternative strategies Hasanah Guest House is located in quadrant II, diversification strategy. Step diversification strategy by opening new market space with the approach of Blue Ocean Strategy. The second analysis is using a four-step analytical framework, the strategy canvas, six-way framework, and testing the idea of blue ocean strategy. Results from the second analysis, Hasanah Guest House is able to create value innovation with updating the concept of sharia premium boarding house which is labelled as boarding house guest house with the concept of sharia, has a boarding house facility different from the usual. Then, create a meeting room to provide comfort to the target market on businessman. Add the number of rooms, improve service, and reduce excessive use of equipment to be effective and efficient.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/508/ 051506227
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Sep 2015 14:29
Last Modified: 10 Sep 2015 14:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108115
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item