Pengaruh Pengumuman Laporan Keuangan Terhadap Return Saham Pada Pasar Modal Syariah Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index

Larasati, Nindi (2015) Pengaruh Pengumuman Laporan Keuangan Terhadap Return Saham Pada Pasar Modal Syariah Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar modal syariah merupakan salah satu wadah bagi investor untuk melakukan investasi dalam bentuk syariah. Jakarta Islamic Index (JII) merupakan salah satu wadah dalam memperoleh informasi mengenai investasi secara islami atau syariah. Informasi merupakan kebutuhan utama bagi investor, karena informasi membantu investor dalam membuat keputusan investasi. Keputusan investasi merupakan cerminan dari informasi yang diperoleh oleh investor. Informasi ini dapat berupa pengumuman laporan keuangan, yang mana di dalam laporan keuangan terdapat informasi mengenai perkembangan perusahaan. Informasi ini dapat dilihat melalui laporan perhitungan laba/rugi suatu perusahaan. Objek dalam penelitian ini adalah saham-saham yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII). Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah pengumuman laporan keuangan memiliki pengaruh terhadap return saham. Perubahan pada return saham dapat dilihat melalui abnormal return yang terjadi disekitar periode pengumuman. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat perbedaan rata-rata abnormal return sebelum dengan sesudah pengumuman laporan keuangan. Untuk melihat perbedaan tersebut menggunakan uji normalitas dan komparatif paired t test. Hasil uji ini menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata abnormal return pada enam hari setelah pengumuman laporan keuangan. Lambat nya investor bereaksi dikarenakan investor harus menganalisis terlebih dahulu laporan keuangan yang diperoleh, sehingga reaksi baru terlihat pada enam hari setelah pengumuman laporan keuangan. Reaksi yang ditunjukkan investor berupa melepas/menjual saham yang mereka miliki. Hal ini dikarenakan kandungan informasi dalam laporan keuangan merupakan kabar buruk atau bad news.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/488/ 051506207
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 07 Sep 2015 09:09
Last Modified: 07 Sep 2015 09:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108092
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item