Determinan Minat Individu Menggunakan Uang Elektronik: Pendekatan Modifikasi Technology Acceptance Model

Syafi`i, Achmad (2015) Determinan Minat Individu Menggunakan Uang Elektronik: Pendekatan Modifikasi Technology Acceptance Model. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu menggunakan uang elektronik dengan memodifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu untuk menggunakan uang elektronik dalam penelitian ini adalah persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi risiko. Penelitian ini menggunakan metode survei untuk memperoleh data. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi FEB UB yang berstatus aktif pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 1.184 orang. Responden penelitian ini sebanyak 187 mahasiswa Jurusan Akuntansi FEB UB yang pernah menggunakan uang elektronik. Peneliti menggunakan metode convenience sampling untuk pengambilan sampel dan Partial Least Square (PLS) untuk menguji data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruk persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik. Implikasi penelitian ini dapat digunakan oleh penerbit yang menyediakan produk uang elektronik dan Bank Indonesia selaku bank sentral untuk lebih mengutamakan faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu untuk menggunakan uang elektronik supaya individu percaya bahwa uang elektronik tersebut cepat, aman, dan efisien untuk digunakan.

English Abstract

The objective of this research is to examine the factors that influence individual intention using electronic money with modified models of Technology Acceptance Model (TAM) developed by Davis in 1989. The factors that influence individual intention using electronic money in this research is the perceived usefulness, perceived ease of use, and perceived risk. This research used survey method to collect data. The population in this research is all college students of S1 Accounting FEB UB active status in the second semester of the academic year 2014/2015 as many as 1,184 people. Respondents of this research were 187 university students majoring Department of Accounting Faculty of Economics and Business University of Brawijaya ever used an electronic money. Researchers used convenience sampling method for sampling and Partial Least Square (PLS) to examine the research data. The results of this research shows that the construct perceived usefulness, perceived ease of use, and risk perception significantly influence to individuals intention using electronic money. The implication of this research can be used by publishers who provide electronic money products and Bank Indonesia as the central bank prefers to prioritize factors perceived usefulness, perceived ease of use, and the perception of risk that people believe an electronic money is fast, secure, and efficient to use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/479/ 051506198
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 09 Sep 2015 10:38
Last Modified: 09 Sep 2015 10:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108082
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item