The Influence Of Service Marketing Mix On Smartfren Customer Loyalty (Study On Brawijaya University Student As The Smartfren Customers)

Annisa, DhiyaNur (2015) The Influence Of Service Marketing Mix On Smartfren Customer Loyalty (Study On Brawijaya University Student As The Smartfren Customers). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menliti hubungan dari bauran pemasaran jasa yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa Universitas Brawijaya sebagai pengguna Smartfren. Dalam upaya untuk memahami interaksi yang terjadi di antara variabel independen yaitu bauran pemasaran jasa yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik terhadap loyalitas pelanggan. Serangkaian tes telah dilakukan yang meliputi uji analisi regresi, Uji F dan Uji t. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Explanatory Research yaitu peneilitan yang bertujuan untuk menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variable lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Brawijaya sebagai pengguna jasa dari PT. Smartfren Telecom, Tbk. Jenis teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan instrumen penelitian diuji dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas, dan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan perhitungan dan untuk menganalisa data pada regresi linear berganda. Hasil dari analisa data pada regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara simultan, bauran pemasaran jasa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan secara parsial tidak semua variabel bauran pemasaran jasa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hanya variabel price, promotion and physical evidence yang memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam menggunakan layanan data mobile dari PT. Smartfren Telecom, Tbk.

English Abstract

The Purpose of this research is to examine the effect of Marketing Service Mix (7Ps) Product, Price, Place, Promotion, People, Process and Physical Evidence on Customer Loyalty at Brawijaya University as a Smartfren customer. In order to know the relationship that occur among the independent variable (Product, Price, Place, Promotion, People, Process and Physical Evidence) on customer loyalty the regression analysis, F test and T test were conducted. This research is exploratory research, in accordance with its purpose to explain the correlation and relation of some variables. Population and samples in this research is Brawijaya student as customers of PT Smartfren Telecom, Tbk. The sampling technique is purposive sampling and the research instruments were tested using the validity test, reliability test and classical assumption test. The hypothesis testing was using the F and T test to analyze the data to be used in multiple regression analysis. Multiple regressions showed that simultaneously, marketing service mix had significant effects to customer loyalty. While partially tested, the variable of marketing service mix had no significance effect on customer loyalty, only variable price, promotion and physical evidence has significance influence partially toward to customer loyalty in use mobile data product of PT. Smartfren Telecom, Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/437/ 051505367
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 11 Sep 2015 10:34
Last Modified: 27 Oct 2021 00:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108036
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item