Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Kosmetik & Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di Bei Periode 2009-2013

Anggrenia, Puput (2015) Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Kosmetik & Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di Bei Periode 2009-2013. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri merupakan salah satu sektor yang memiliki peranan penting dalam pembangunan suatu negara. Perkembangan suatu industri tidak terlepas dari adanya persaingan industri. Termasuk di dalamnya industri barang konsumsi. Salah satu industri yang ada di Indonesia dan produknya memiliki banyak peminat adalah industri barang konsumsi dengan spesifikasi kosmetik dan barang keperluan rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan industri barang konsumsi terutama kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009- 2013 dengan menggunakan analisis rasio keuangan dan untuk mengetahui perusahaan mana yang memiliki kinerja yang lebh baik. Rasio keuangan yang digunakan adalah rasio likuiditas (Current Ratio dan Quick Ratio), rasio leverage (Long Term Debt to Total Assets Ratio dan Long Term Debt to Equity Ratio), rasio profitabilitas (Return on Assets dan Return on Equity), dan rasio aktivitas (Total Assets Turn Over Ratio, Inventory Turn Over Ratio, Receivable Turn Over Ratio). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang terdaftar di BEI periode tahun 2009-2013 yang berjumlah 4(empat) perusahaan, yaitu PT. Martina Berto, Tbk (MBTO), PT. Mustika Ratu, Tbk. (MRAT), PT. Mandom Indonesia, Tbk. (TCID), PT. Unilever Indonesia, Tbk. (UNVR). Namun dikarenakan PT. Martina Berto Tbk merupakan perusahaan yang baru saja mendaftarkan perusahaannya pada 13 Januari 2011, x maka sampel dari penelitian ini, adalah PT. Mustika Ratu, Tbk. (MRAT), PT. Mandom Indonesia, Tbk. (TCID), dan PT. Unilever Indonesia, Tbk. (UNVR) Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Unilever Indonesia Tbk memiliki profitabilitas dan pertumbuhan penjualan serta laba bersih yang baik bila dibandingkan dengan PT. Mustika Ratu Tbk dan juga PT. Mandom Indonesia Tbk. Sementara dalam hal leverage dan likuiditasnya, PT. Mandom Indonesia Tbk memiliki kinerja yang lebih bagus jika dibandingkan dengan PT. Mustika Ratu Tbk dan juga PT. Unilever Indonesia Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/434/ 051505364
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Sep 2015 11:25
Last Modified: 08 Sep 2015 11:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108033
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item