Pengaruh Atribut Produk Dan Labelisasi Halal Sebagai Variabel Moderating Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Indomie (Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang)

Pratama, AnnasAkbar (2015) Pengaruh Atribut Produk Dan Labelisasi Halal Sebagai Variabel Moderating Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Indomie (Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era modern ini kebutuhan manusia semakin kompleks. Dengan semakin kompleksnya kebutuhan manusia tersebut perusahaan bersaing untuk mendapatkan banyak pelanggan dengan menguasai pangsa pasar. Atribut produk adalah suatu hal yang harus diperhatikan perusahaan untuk meningkatkan keputusan pembelian karena atribut produk adalah hal yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembeliannya. Konsumen semakin kritis untuk memilih produk yang halal karena di Indonesia juga sudah terjadi kasus makanan yang tidak halal, seperti kasus pencampuran lemak babi pada makanan di tahun 1988. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel atribut produk terhadap keputusan pembelian pada produk mie instan Indomie dan untuk mengetahui peran labelisasi halal sebagai variabel moderator pada pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian pada produk mie instan Indomie. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Strata 1 Universitas pernah mengkonsumsi mie instan Indomie. Sampel dalam penelitian ini Mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang yang masih aktif dan beragama Islam dengan reponden sebanyak 150. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan pengujian variabel moderating menggunakan uji residual. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa variabel atribut produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan variabel labelisasi halal yang sebagai variabel moderating berpengaruh secara negatif signifikan artinya memperkuat hubungan antara atribut produk dengan keputusan pembelian pada mie instan Indomie.

English Abstract

In this modern era increasing complex human needs. With the increasing complexity of the human needs of companies compete for costumer with market share. Product attribute is a things that must be considered the company to increase the purchase decision because product attribute is things that considered consumer the purchase decision. Consumer increasing critical to choose products are halal beacause in Indonesia have also been cases of non halal food, such as the case of the mixing of lard on food in 1988. This research aims to know whether there is influence of product attribute variable toward purchase decision on Indomie instant noodle product and to know the role of halal labeling as moderator variable on the influence of product attribute on purchase decision Indomie instant noodle product. The population in this research is the Student Tier 1 University ever consuming Indomie instant noodle. The sample in this research the Student Tier 1 Tier 1 is still active and muslim with respondents as many as 150. The data type is used primary data with data collection method using a questionnaire. The analysis technique used are a simple linear regression and testing of moderating variable using residual test. Results from this research is show that the product attribute variable influence on purchase decision and halal labeling variable as moderating variable effect of significant negative, its mean strengthening the relationship between product attribute with purchase decision Indomie instant noodle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/418/ 051505348
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 07 Sep 2015 11:47
Last Modified: 07 Sep 2015 11:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108016
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item