Aditomo, Setiawan (2015) Pengaruh Budaya Individualisme, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Konsumen Indomaret Di Kalangan Mahasiswa (Studi Pada Konsumen Indomaret Di Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan Pembelian Impulsif di Indomaret khususnya konsumen Indomaret di kalangan mahasiswa. Variabel independen yang diteliti yaitu; Budaya Individualisme, Persepsi Harga, dan Promosi, dengan variabel dependen yaitu Pembelian Impulsif pada Konsumen Indomaret di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 155 responden yang diambil dari Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang yang mayoritas pernah melakukan pembelian di Indomaret Kota Malang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Seadangkan metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi liner berganda terdapat pengaruh simultan dan parsial antara variabel-variabel bebas yang terdiri dari Budaya Individualisme, Persepsi Harga, dan Promosi terhadap variabel terikat yaitu Pembelian Impulsif. Variabel yang paling dominan mempengaruhi Pembelian Impulsif adalah variabel Budaya Individualisme dengan koefisien sebesar 0,369. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,669, artinya seluruh variabel penelitian yang mempunyai pengaruh terhadap Pembelian Impulsif mempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 66,9% terhadap variabel dependen yakni Pembelian Impulsif. Sisanya 33,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung dari semua variabel memiliki nilai lebih besar daripada t tabel. Dari hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Pembelian Impulsif secara simultan dan parsial.
English Abstract
This study aims to determine the factors that influence consumers in making Impulsive Buying in Indomaret’s consumer especially among college students. The independent variables studied were; Individualism Culture, Perceived Price, and Promotion, the dependent variable is Impulsive Buying at the Indomaret’s Consumer in Malang. This study used a sample of 155 respondents drawn from UBs Student majority ever make purchases at Indomaret Malang. While the sampling method use purposive sampling. Validity and reliability test used to test the research instruments. Multiple Linier Regresion method used to analyze tha data. The results showed that based on the results of multiple regression analysis, all independent variables have a significant effect on dependent variable both simultaneously and partially. The most dominant variable in affecting dependent variable is individualism culture. The coefficient of determination (R2) is 0.669, meaning that the entire independent variables that have an influence on Impulsive Buying has contributed jointly by 66.9% on the dependent variable. The remaining 33.1% is influenced by other factors that are not included in this study. Hypothesis testing using t test showed that the t value of all variables have a value greater than t table. From the overall results it can be concluded that the independent variables have a significant influence on Impulsive Buying simultaneously and partially.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/410/ 051505337 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 09:18 |
Last Modified: | 08 Sep 2015 09:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108008 |
Actions (login required)
View Item |