“Evaluasi Supply Chain Management Pada Distribusi Sayuran Dari Kota Wisata Batu Ke Kota Balikpapan Dan Banjarmasin” (Studi Pada Pengusaha Pengirim Sayuran Dari Kota Wisata Batu Ke Kota Balikpapan Dan

Fidiantara, Odi (2015) “Evaluasi Supply Chain Management Pada Distribusi Sayuran Dari Kota Wisata Batu Ke Kota Balikpapan Dan Banjarmasin” (Studi Pada Pengusaha Pengirim Sayuran Dari Kota Wisata Batu Ke Kota Balikpapan Dan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan aktivitas kunci (key activities) Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management) pada distribusi sayuran dari Kota Wisata Batu ke Kota Balikpapan dan Banjarmasin. Aktivitas kunci yang dijalankan terdiri dari menentukan standar pelayanan konsumen, memilih moda transportasi dan mengatur muatan, manajemen persediaan, serta mengelola informasi dan memenuhi pesanan. Tujuan penelitian ini juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kelancaran distribusi sayuan dari Kota Wisata Batu ke Kota Balikpapan dan Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam (indepth interview) dengan 7 orang informan, 2 diantaranya informan inti dan sisanya informan pendukung. Kemudian setelah data terkumpul dilakukan reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas kunci supply chain management pertama kali diterapkan saat memilih sayuran yang akan dipanen, kemudian berlanjut ke proses pengepakan, sayuran dari sawah dibawa ke gudang dan dikemas dalam bentuk sedemikian rupa agar tidak rusak dan kualitasnya terjaga hingga sampai tempat tujuan, selanjutnya sayuran ditumpuk sesuai kekuatannya masing-masing agar bisa dimuat banyak di truk fuso dan tidak mengalami perubahan kualitas dan akhirnya dikirim ke tempat tujuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/401/051504686
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jul 2015 09:56
Last Modified: 01 Nov 2021 04:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107998
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item