Pengaruh Atribut Produk Dan Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pixy (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Apriani, DeviNingtyasih (2015) Pengaruh Atribut Produk Dan Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pixy (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan kosmetik merupakan hal yang tidak asing, bahkan telah menjadi kebutuhan terutama bagi kaum perempuan. Keinginan untuk tampil menarik dan pengaruh globalisasi serta era teknologi seperti internet semakin mempengaruhi penggunaan kosmetik bagi remaja dan dewasa muda terutama kalangan mahasiswa di perkotaan. Tuntutan lingkungan dan keinginan agar tampil menarik tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya membuat mahasiswa cenderung membeli produk kosmetik yang berkualitas namun memiliki harga terjangkau. Hal ini menjadi peluang pasar bagi produsen produk kosmetik yang memiliki target pasar remaja dan dewasa. Pixy merupakan salah satu produk kosmetik yang ada di Indonesia yang memiliki harga terjangkau. Penelitian ini bertujuan, untuk (1) menganalisis pengaruh simultan dan parsial dari variabel atribut produk dan advertising terhadap keputusan pembelian produk Pixy dan (2) menganalisis variabel yang paling dominan di antara variabel atribut produk dan advertising terhadap keputusan pembelian konsumen Pixy. Jenis penelitian ini adalah explanatory research (penelitian penjelasan), bersifat mendasar dan bertujuan memperoleh keterangan, informasi dan data. Responden yang dipilih adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang merupakan konsumen Pixy yang telah melakukan pembelian produk Pixy lebih dari sekali. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis regresi linier berganda, dalam pengujian simultan variabel atribut produk (X1) dan variabel advertising (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Pixy. Berdasarkan uji parsial, kedua variabel berpengaruh secara individual terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari hasil uji dominan diitemukan bahwa variabel atribut produk merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisisen beta sebesar 0,666. Nilai R square menunjukkan nilai 0,852 yang artinya variasi nilai keputusan pembelian yang dapat dijelaskan oleh persamaan regresi yang diperoleh adalah sebesar 85%, sedangkan sisanya yaitu 15% dijelaskan oleh variabel lain diluar persamaan model regresi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/391/051504676
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Jul 2015 13:36
Last Modified: 01 Nov 2021 04:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107986
[thumbnail of Devi_Ningtyasih_Apriani_115020201111006.pdf]
Preview
Text
Devi_Ningtyasih_Apriani_115020201111006.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item