AlNugraha, PutraPerdana (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Teknologi Dalam Mendorong Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Hotel (Studi Kasus Pada Hotel Bintang 3 “Arjuna” Di Yogyakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan dan teknologi dalam mendorong kepuasan dan loyalitas pengunjung Hotel Arjuna di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal, dimana menjelaskan sebab-akibat antara dua variabel atau lebih melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang diambil dari pengunjung Hotel Arjuna di Kota Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dimana peneliti secara acak memilih responden dan tiap responden memiliki peluang yang tidak diketahui dan menggunakan metode Purposive Sampling dimana peneliti memilih responden berdasarkan kriteria dan syarat yaitu usia responden diatas 17 tahun. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji analisis jalur (Path Analysis). Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan, maka diperoleh temuan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh kualitas layanan dan teknologi dalam mendorong kepuasan pada pengunjung Hotel Arjuna Yogyakarta. (2) Terdapat pengaruh kepuasan pengunjung dalam mendorong loyalitas pada pengunjung Hotel Arjuna Yogyakarta. (3) Terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan teknologi dalam mendorong loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan pengunjung. (4) Terdapat pengaruh kualitas pelayanan dalam mendorong loyalitas pengunjung secara langsung. (5) Terdapat pengaruh teknologi dalam mendorong loyalitas pengunjung secara langsung.
English Abstract
This research aims to analyze the influence of service quality and technology toward customer satisfaction and loyalty of Arjuna Hotel’s in Yogyakarta. The type of this research is explanatory research, which explains the cause and effect between two or more variables through hypothesis testing. This research using 100 respondents as the sample which taken from the Arjuna Hotel’s visitors in Yogyakarta city. This research using non probability sampling where technique selected randomly respondents and each respondent has unequal probability, and using purposive sampling method where select the respondents based on criteria and requirements, the age of respondents are above 17 years old. This research using stastistical test such as validity test, reliability test, and classical assumptions test. Hypothesis test, use path analysis. Based on the results, then retrieved the following findings. (1) There are the significant influence of service quality and technology toward customer satisfaction on Arjuna’s Hotel in Yogyakarta city. (2) There is the significant influence of customer satisfaction toward customer loyalty on Arjuna’s Hotel in Yogyakarta city. (3) There are the significant influence of service quality and technology toward a customer loyalty mediated by customer satisfaction in Arjuna’s Hotel in Yogyakarta city. (4) There is the significant influence of service quality toward customer loyalty directly on Arjuna’s Hotel in Yogyakarta city. (5) There is the significant influence of technology toward customer loyalty directly on Arjuna’s Hotel in Yogyakarta city.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/385/051504413 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 03 Jul 2015 13:41 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107979 |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |