Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Terhadap Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang

Saputri, RizkiYanForindhaWidhi (2015) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Terhadap Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya manusia merupakan unsur utama organisasi yang sangat besar pengaruhnya terhadap kelangsungan hidup dan kemajuan organisasi, maka dalam hal ini organisasi perlu menjaga serta mempertahankan sumber daya manusia yang ada dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional secara simultan dan parsial terhadap kinerja pegawai, serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research (penjelasan) atau dikenal sebagai pengujian hipotesis. Jumlah pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang adalah 51 orang, maka seluruh populasi tersebut dijadikan sebagai sampel atau disebut dengan metode sensus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Alat analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja pegawai, (2) Secara parsial, gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan secara terhadap kinerja pegawai dan gaya kepemimpinan transaksional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, (3) Gaya kepemimpinan transformasional mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang. Hal ini menunjukkan bahwa pimpinan Badan Kepegawaiaan Daerah Kota Malang telah menerapkan dengan baik gaya kepemimpinan transformasional sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja pegawai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/353/051504102
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Jul 2015 08:53
Last Modified: 01 Nov 2021 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107944
[thumbnail of SKRIPSI_RIZKI_YAN_FORINDHA_WIDHI_SAPUTRI_(115020201111060).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_RIZKI_YAN_FORINDHA_WIDHI_SAPUTRI_(115020201111060).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item