Analisis Keterkaitan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Personal Masyarakat Di Wilayah Kota Dan Kabupaten Provinsi Jawa Timur

Setiawan, MohAgung (2015) Analisis Keterkaitan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Personal Masyarakat Di Wilayah Kota Dan Kabupaten Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi inklusi keuangan pada kota dan kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Timur serta untuk melihat pengaruh indeks inklusi keuangan terhadap perilaku keuangan personal. Kondisi inklusi keuangan ini menunjukkan sejauh mana hambatan untuk mengakses jasa keuangan (perbankan) yang ada pada suatu wilayah. Alat ukur inklusi keuangan ini menggunakan nilai indeks inklusi keuangan yang dihitung melalui indikator penetrasi perbankan, aksesibilitas jasa keuangan (perbankan), dan usage (pengunaan) rekening pada masyarakat. Sedangkan alat ukur perilaku keuangan personal menggunakan beberapa indikator, yaitu membuat anggaran, pendanaan (sumber daya finansial), alokasi anggaran, pengeluaran (penggunaan uang), dan evaluasi penggunaan uang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang ada adalah 38 kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Sampel yang digunakan adalah 31 kota dan kabupaten yang terdiri atas 9 kota dan 22 kabupaten diambil menggunakan teknik stratified random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah dengan analisis indeks inklusi keuangan menggunakan Ms. Excell 2010 dan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS versi 21.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat inklusi keuangan masing-masing kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Timur berbeda-beda. Wilayah dengan indeks inklusi keuangan tertinggi ada pada Kota Mojokerto, sedangkan yang terendah ada pada Kabupaten Sumenep. Seluruh wilayah kota mayoritas memiliki indeks inklusi keuangan yang tinggi, sedangkan wilayah kabupaten memiliki indeks inklusi keuangan yang rendah. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa indeks inklusi keuangan memiliki pengaruh yang signifikan secara linier positif terhadap perilaku keuangan personal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/336/ 051504041
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Sep 2015 10:35
Last Modified: 08 Sep 2015 10:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107925
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item