Maulidyawati, WidaTri (2015) Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Bersertifikat Halal Mui Dengan Label Halal Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Masyarakat saat ini dalam mengkonsumsi suatu produk tidak lagi terlalu memperhatikan kehalalan suatu produk. Mereka kebanyakan hanya berpikiran bahwa produk yang secara langsung diproduksi dari bahan baku yang tidak halal adalah haram. Padahal penentuan kehalalan suatu produk tidak hanya ditentukan dari bahan baku yang digunkan saja. Oleh sebab itu, pencantuman label halal pada suatu produk penting dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada konsumen dan untuk meningkatkan keputusan pembelian. Keputusan pembelian tidak hanya bisa ditingkatkan melalui label halal namun juga bisa dipengaruhi dari sisi sosial salah satunya adalah adanya peran kelompok acuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui apakah label halal sebagai variabel moderating mempengaruhi hubungan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian pada restoran bersertifikat halal MUI. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Brawijaya Malang yang beragama Islam dan pernah mengunjungi restoran bersertifikat halal MUI dengan sampel sebanyak 190 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan pengujian variabel moderating menggunakan uji residual. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok acuan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan signifikansi sebesar 0.00 dengan indikator pengaruh informasional yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan label halal mempengaruhi (memperlemah) hubungan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian sebesar 0.507.
English Abstract
People today in consuming a product are no longer giving too much attention to halal products. They are mostly just thinking that the product are directly manufactured from raw materials that are not halal is haram. Whereas the determination of a halal product is not only determined from the raw material. Therefore, the inclusion of halal label on a product is important to provide knowledge to consumers and to increase the purchase decision. Purchase decision not only can be improved through halal label, but also can be influenced from the social factors, one of them is the role of the reference group. This research aims to know the influence of reference group on purchase decision and aims to know if halal label as moderating variable influencing reference group on purchase decision in certified halal MUI restaurant. Population in this research is undergraduate student in Brawijaya University who have visited certified halal MUI restaurant with 190 samples. The data used is primary data with data collection method using questionnaire. The analysis technique is simple regression test and moderating variablestesting is using residual test. The analysis showed that the reference group significantly influences purchase decision and halal label affect (strengthen) the relationship of the reference group on purchase decision.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/316/ 051504011 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 24 Jun 2015 10:51 |
Last Modified: | 24 Jun 2015 10:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107903 |
Actions (login required)
View Item |