Siburian, Jessy Priscilla Andani (2018) Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Pertanian Secara Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pesatnya perkembangan zaman dan semakin modernnya kehidupan mendorong berbagai macam perubahan sistem, baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti sistem perdagangan, cara bertransaksi dan sistem pemasaran. Dahulu jika seseorang ingin membeli suatu produk atau barang maka haruslah bertemu dengan penjual produk tersebut, antara pembeli dan penjual haruslah bertatap muka hingga terjadinya suatu kesepakatan antara pihak penjual dan pembeli atau yang sering disebut transaksi. Jangkauan antara penjual dan pembeli pun sangat terbatas, namun sekarang seiring kemajuan zaman dan teknologi, khususnya internet, semua keterbatasan jarak, waktu, dan biaya dapat teratasi dengan mudah. Internet adalah suatu platform yang menyediakan berbagai informasi tersebut dari berbagai tempat dan waktu. Melalui perangkat lunak ini banyak organisasi maupun individu memanfaatkannya dan membuat banyak situs untuk berdagang. Penggunaan internet di Indonesia tiap tahun selalu meningkat. Telah banyak situs ataupun melalui media sosial yang bermunculan guna membantu pengguna internet untuk leluasa beraktivitas. Aktivitas pengguna internet dalam era digital ini yang menjadi focus penelitian salah satunya adalah jual beli. Berkembangnya teknologi world wide web menyebabkan meningkatnya pemanfaatan internet sebagai peluang bisnis. Teknologi ini menawarkan kemudahan terhadap konsumen berupa pilihan informasi, pelayanan, dan pembelian yang sangat berpotensi meningkatkan pilihan, kesenangan dan mengurangi pengeluaran. Penggunaan internet untuk aktivitas jual beli ini disebut e-commerce. Tingginya perkembangan e-commerce di Indonesia membuat bisnis online terus diminati. Pembelian paling populer diindonesia adalah produk fashion kemudian penjualan tiket secara online dan penjualan game ataupun barang elektronik. Pebinis online mulai menemukan peluang yang semakin besar untuk memperoleh keuntungan. Salah satu produk yang mulai dipasarkan secara online adalah produk dari sektor pertanian. Pertumbuhan minat beli konsumen Indonesia akan produk pertanian disadari oleh banyaknya pemasar di e-commerce. Beberapa perusahaan maupun pemasar mulai menyadari adanya arah perubahan konsumen untuk memilih jalur online dalam pembelian. produk pertanian mulai banyak menghiasi pasar online. Produk pertanian seperti yang diketahui pula memiliki kelebihan dan kekurangan. Produk pertanian memiliki kendala cepat rusak dan beberapa harus dalam kondisi segar sehingga membutuhkan penanganan yang cepat pasca panen. Produk pertanian pula masih memliki harga yang fluktuatif yang berpengaruh terhadap tempat dan ketersediaannya di pasar. Sehingga hal ini pasti akan mempengaruhi perilaku konsumen online dalam mengambil keputusan untuk membeli secara online. Oleh sebab itu adanya pengkajian mengenai apakah yang menjadi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk-produk pertanian tersebut secara online. Metode penelitian untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian secara online ini menggunakan faktor pengambilan keputusan menurut ahli dan studi pustaka terdahulu. Pengkajian penelitian ini menggunakan ii studi kasus secara online sehingga internet digunakan sebagai media penyebar kuisioner dan sebagai lokasi penelitian. Hasil penelitian akan diolah dan dikaji menggunakan alat analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi, ditemukan bahwa secara online bahwa faktor Sosial secara parsial dengan nilai signifikansi sebesar 0,090 < 0,05 sedangkan nilai thitung 1,721 < nilai ttabel 2,00100 tidak mempengaruhi. Faktor Pribadi dengan nilai signifikansi sebesar 0,469>0,05 sedangkan nilai thitung 0,729< nilai ttabel 2,00100. Faktor sosial memiliki indikator apakah pembelian tersebut dilakukan karena pengaruh dari keluarga dan lingkungan. Faktor sosial tersebut belum mampu dijelaskan oleh indikator tersebut. Dapat disimpulkan bahwa pembelian produk pertanian dilakukan tidak adanya pengaruhnya dari orang-orang sekitar yang setiap responden miliki. Sedangkan untuk faktor pribadi yang meliputi gaya hidup,usia, pekerjaan dan konsep diri memliki nilai thitung yang rendah. Dapat disimpulkan item tersebut belum mampu mempengaruhi setiap konsumen dalam melakukan pembelian produk pertanian secara online.
English Abstract
The rapid development of the times and the increasingly modern life encourage various kinds of system changes, either directly or indirectly, such as trading systems, transactions and marketing systems. In the past if someone wants to buy a product or goods then must meet with the seller of the product, between the buyer and the seller must face to face until the occurrence of an agreement between the seller and the buyer or often called the transaction. Reach between sellers and buyers is very limited, but now with the advancement of the times and technology, especially the internet, all the limitations of distance, time, and costs can be easily overcome. The Internet is a platform that provides such information from various places and times. Through this software many organizations and individuals make use of it and create many sites to trade. Internet usage in Indonesia is increasing every year. Has been a lot of sites or through social media that have sprung up to help internet users to freely move. Internet user activity in the digital era is the focus of research one of them is buying and selling. The rise of world wide web technology has led to increased use of the internet as a business opportunity. This technology offers consumers the ease of choice of information, services, and purchases that potentially increase the choice, pleasure and reduce expenditure. The use of the internet for this buying and selling activity is called e-commerce. The high development of e-commerce in Indonesia to make online business continues to demand. The most popular purchases in Indonesia are fashion products and online ticket sales and game or electronic products sales. Online businesses are starting to find greater opportunities for profit. One product that began to be marketed online is the product of the agricultural sector. The growth of Indonesian consumer buying interest in agricultural products is recognized by many marketers in e-commerce. Some companies and marketers are beginning to realize the direction of consumer change to choose the online path in the purchase. agricultural products began to adorn the online market. Agricultural products as they are known also have advantages and disadvantages. Agricultural products have rapidly damaged constraints and some must be in fresh condition requiring rapid post-harvest handling. Agricultural products also still have a fluctuating price that affect the place and its availability in the market. So this will definitely affect the behavior of online consumers in making decisions to buy online. Therefore, the assessment of whether the consumer decisions in making the purchase of agricultural products online. The research method for identifying factors influencing online purchasing decision using decision making factor according to expert and previous literature study. This study is an online case study so the internet is used as a media for distributing questionnaires and as a research location. The results will be processed and studied using multiple regression analysis tools. Based on calculation result of regression analysis, it was found that online that social factor partially with significance value equal to 0,090 <0,05 whereas tcount 1,721 <tTabel value 2,00100 did not influence. Personal factors with significance value of 0.469> 0.05 while the value of tcount 0.729 <tTabel value 2.00100. Social factors have an indicator of whether the purchase is done because of the influence of iv the family and the environment. Social factors have not been able to be explained by these indicators. It can be concluded that the purchase of agricultural products carried out the absence of influence from the people around who each respondent has. While for personal factors that include lifestyle, age, occupation and selfconcept have a low thitung value. It can be concluded that the item has not been able to influence every consumer in making the purchase of agricultural products online.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2018/100/051802186 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.17 Products |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 22 May 2018 02:06 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10785 |
Preview |
Text
BAG....pdf Download (451kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (912kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (149kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (279kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (254kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (259kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VI.pdf Download (160kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (197kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (188kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (430kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |