Penerapan Metode Batch Process Untuk Menentukan Harga Pokok Produksi ( Studi Kasus Pada UKM Kecap “Cemara Food”, Blitar )

Susanti, ElsaDewi (2015) Penerapan Metode Batch Process Untuk Menentukan Harga Pokok Produksi ( Studi Kasus Pada UKM Kecap “Cemara Food”, Blitar ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menentukan harga pokok produksi pada kecap menggunakan metode Batch Process dan untuk mengetahui biaya-biaya apa saja yang terkait dengan proses produksi pada UKM Kecap “Cemara Food”. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif dengan pendekatan kualitatif yaitu Data yang disajikan dalam bentuk kata-kata yang mengandung makna. Dengan melakukan tanya jawab peneliti memperoleh data real dari perusahaan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa UKM Kecap “Cemara Food” dalam menghitung biaya produksi masih belum sepenuhnya benar, karena perusahaan masih memasukkan biaya-biaya yang seharusnya tidak dimasukkan ke dalam proses produksi. Penelitian ini mengahasilkan perbedan pada proses perhitungannya terdapat selisih antara perhitungan perusahan dengan perhitungan yang menggunakan metode batch process. Dalam hal ini perusahaan dapat menekan biaya yang dikeluarkan untuk produksi secara efisien, dimaksudkan agar perusahaan mampu menaikan laba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/261/051503429
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 May 2015 15:45
Last Modified: 01 Nov 2021 02:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107842
[thumbnail of SKRIPSI_PDF12.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PDF12.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item