Studi kebijakan penyaluran kredit perbankan dan variabel yang mempengaruhinya (studi pada Bank Jatim cabang Pasuruan).

RizqiAmalia, Rezita (2015) Studi kebijakan penyaluran kredit perbankan dan variabel yang mempengaruhinya (studi pada Bank Jatim cabang Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemberian kredit merupakan aktivitas bank yang paling utama dalam menghasilkan keuntungan, tetapi risiko yang terbesar dalam bank juga bersumber dari pemberian kredit. Pemberian kredit tanpa dianalisis terlebih dulu akan sangat membahayakan bank. Oleh karena itu, dalam aktivitas menyalurkan kredit, bank perlu untuk menganalisis terlebih dahulu calon nasabahnya apakah layak untuk menerima kredit atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan dan mengetahui pengaruh dari tingkat suku bunga kredit KUR, pendapatan nasabah, nilai agunan serta kualitas pelayanan yang diberikan oleh bank terhadap nilai kredit KUR yang direalisasikan di Bank Jatim Cabang Pasuruan.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda dengan menggunakan Ordinary Least Square.Studi ini menunjukkan hasil bahwa variabel tingkat suku bunga KUR memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap nilai kredit KUR yang realisasi dengan nilai T hitungnya adalah sebesar -12,19828. Akan tetapi variabel pendapatan nasabah, dan nilai agunan memiliki pengaruh yang positif dan signifikanterhadap nilai kredit KUR yang realisasi dengan nilai T hitung masing-masing variabel adalah sebesar 7,598056 dan 5,705618. Sedangkan untuk variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap nilai kredit KUR yang realisasi dengan nilai T hitung sebesar 0,095566. Hasil pengujian juga menunjukkan hasil bahwa variabel pendapatan nasabah memiliki nilai koefisien beta yang terbesar sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pendapatan nasabah memiliki pengaruh yang paling kuat terhadap nilai kredit KUR terealisasi.

English Abstract

Credit is themost importantbank activity tomake profit, butthe biggestbankrupty riskis alsocaused by those activity. The credit agreement needsanalysiswhich if not willseriouslythreatthe bank. Therefore,bank needstoanalyze theprospective customer whoareeligible toreceive credit. The purposeofthis studyistoexamineanddetermine the effectofrateandlending ratesKUR, customerrevenue, the value ofthe collateralas well as thequality of services providedbythe bankto thecreditvalueKURBankrealizedinPasuruan,East Javabranch. Analysis ofthe data used inthis study usingmultiple linear regressionusingOrdinary LeastSquare. This study results the variable interest rate KUR has a negative and significant effect on the value of the realization of KUR loans with T value is equal to -12.19828. However,customer’s income variable, and the value of the collateral has a positive and significant impact on the realization of KUR credit score with the T value of each variable is equal to 7.598056 and 5.705618. While the variable of service quality has a positive effect but not significant to the realization of KUR credit score with a t value of 0.095566.The test results also showed that the income variable customer has the largest beta coefficient value so that it can be concluded that the variable of customer income has the most powerful influence on the realization of KUR credit score.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/23/051501447
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 20 Feb 2015 15:08
Last Modified: 29 Oct 2021 07:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107808
[thumbnail of SKRIPSI_REZITA_RIZQI_AMALIA_(115020400111034).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_REZITA_RIZQI_AMALIA_(115020400111034).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item