Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, Loan To Deposit Ratio, Non Performing Loan Terhadap Total Kredit Yang Disalurkan

Suindrawati, Lilis (2015) Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, Loan To Deposit Ratio, Non Performing Loan Terhadap Total Kredit Yang Disalurkan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perbankan merupakan lembaga keuangan yang memiliki fungsi intermediasi, yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dalam bentuk kredit dan atau dalam bentuk-bentuk lainnya. Bank Umum mampu menyalurkan kredit secara optimal, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, serta mampu menyerap risiko instabilitas ekonomi global. Pertumbuhan kredit Bank Umum dipengaruhi oleh kondisi internal meliputi sumber dana pihak ketiga, tingkat kecukupan modal, tingkat likuiditas dan jumlah kredit bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, Non Performing Loan terhadap total kredit yang disalurkan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh Bank Umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011-2013. Pengambilan sampel dengan metode sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yang diperoleh sampel sebanyak 31 bank. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji statistik t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dana Pihak Ketiga dan Loan to Deposit Ratio berpengaruh signifikan positif terhadap total kredit yang disalurkan. Sedangkan, Capital Adequacy Ratio dan Non Performing Loan tidak berpengaruh signifikan terhadap total kredit yang disalurkan. Implikasi hasil penelitian ini diharapkan Bank Umum meningkatkan penghimpunan Dana Pihak Ketiga, mengoptimalkan penggunaan modal, meningkatkan tingkat likuiditas dan meningkatkan prinsip kehati-hatian untuk mengantisipasi risiko-risiko yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/195/051502822
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Apr 2015 11:32
Last Modified: 29 Oct 2021 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107769
[thumbnail of Skripsi_Rezki_Belan_S_(105020100111012).pdf]
Preview
Text
Skripsi_Rezki_Belan_S_(105020100111012).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item