Analisis Pengaruh Loan to Value, Jangka Waktu Kredit, Tingkat Pendapatan dan Jumlah Tanggungan Keluarga terhadap Keputusan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (Studi Kasus pada PT. Bank Pembangunan Dae

Lasmarohana, DonaNove (2015) Analisis Pengaruh Loan to Value, Jangka Waktu Kredit, Tingkat Pendapatan dan Jumlah Tanggungan Keluarga terhadap Keputusan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (Studi Kasus pada PT. Bank Pembangunan Dae. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) baik terjadi di dalam negeri maupun di luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor internal nasabah terhadap keputusan bank dalam menyalurkan KPR. Faktor internal yang digunakan adalah Loan to Value, Jangka Waktu Kredit, Tingkat Pendapatan dan Jumlah Tanggungan Keluarga. Dalam penelitian ini menggunakan studi kasus Bank Jatim Cabang Malang sebagai bank milik pemerintah daerah. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh adalah melalui observasi dam dokumentasi data nasabah yang mengajukan KPR Bank Jatim Cabang Malang beserta melalui wawancara dengan pihak Bank Jatim Cabang Malang. Metode analisis penelitian ini menggunakan metode regresi logistik. Hasil Nagelkerke R Square diperoleh sebesar 65%. Hal ini menandakan bahwa variabel Loan to Value, Jangka Waktu Kredit, Pendapatan dan Jumlah Tanggungan Keluarga dapat menjelaskan keputusan pemberian KPR sebesar 65%. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel Loan to Value memiliki nilai signifikasi sebesar 0,000, Tingkat Pendapatan memiliki nilai signifikasi sebesar 0,21 dan Jumlah Tanggungan Keluarga memiliki nilai signifikasi sebesar 0,016 menandakan lebih kecil dibandikan 0,05 yang berarti berpengaruh terhadap keputusan bank memberikan KPR. Sedangkan variabel Jangka waktu kredit memiliki nilai signifikasi lebih besar 0,05 yakni sebesar 0,099 sehingga tidak signifikan. Dari hasil penelitian tersebut didapat bahwa Loan to Value merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi bank dalam memberikan KPR. Selain itu, Tingkat Pendapatan menjadi faktor kedua yang mempengaruhi bank dalam memberikan KPR sedangkan Jumlah Tanggungan Keluarga juga merupakan faktor pendukung yang mempengaruhi bank dalam memberikan KPR. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut diharapkan bank dapat meningkatkan aspek kehati-hatian bank dalam memberikan KPR.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/181/051502741
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Apr 2015 08:50
Last Modified: 29 Oct 2021 06:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107755
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item