Shanti, Mardhatillah (2015) Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Reference Group Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Lipstik Wardah Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Perusahaan kosmetik berlomba-lomba agar bisa menguasai market share. Salah satu merek kosmetik yang namanya berhasil mendominasi pasar kosmetik nasional beberapa tahun belakangan ini ialah Wardah. Beberapa produk Wardah telah menerima penghargaan, salah satunya lipstik Wardah yang menerima penghargaan berturut-turut setiap tahunnya. Lipstik merupakan salah satu kebutuhan kecantikan utama bagi setiap wanita. Dalam pemilihannya, wanita menginginkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanan, serta nyaman untuk digunakan. Wardah mampu mengkomunikasikan nilai dari lipstik Wardah dengan baik sehingga menciptakan kesan kualitas dan image yang positif terhadap lipstik Wardah. Kualitas dan image dari produk menjadi kriteria utama untuk menimbulkan adanya ketertarikan. Reference group merupakan hal yang sangat penting dan berpengaruh besar dalam perilaku konsumen, khususnya lingkungan pertemanan. Disamping itu, semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin tinggi pula kepedulian individu terhadap penampilan diri pribadi. Malang sebagai kota pendidikan tentu memiliki penduduk yang rata-rata berperilaku dan berpenampilan seperti layaknya orang yang berpendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand image, kualitas produk, dan reference group terhadap minat beli produk kosmetik lipstik Wardah di Kota Malang. Jenis penelitian ini ialah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survey dilakukan kepada 150 wanita di kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan mengguanakan alat analisis regresi linear berganda. Berdasarkan pengujian hipotesis F, seluruh variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa brand image, kualitas produk, dan reference group secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Variabel yang paling dominan mempengaruhi minat beli ialah variabel brand image.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2015/178/051502738 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 13 Apr 2015 15:22 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 06:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107751 |
Preview |
Text
Full_Teks.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |