Minat Keperilakuan Individu Menggunakan Sistem Online shopping: Pendekatan Modifikasi Technology Acceptance Model dan Theory of Planned Behavior

Dewi, BethaKharisma (2015) Minat Keperilakuan Individu Menggunakan Sistem Online shopping: Pendekatan Modifikasi Technology Acceptance Model dan Theory of Planned Behavior. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Situs komersial memberikan layanan baru bagi konsumen untuk berbelanja produk jasa melalui sistem online shopping. Sitem belanja via internet ini semakin diminati oleh konsumen karena memberikan banyak manfaat dan kemudahan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap, norma subjektif, dan minat untuk menggunakan layanan online shopping dengan memodifikasikan model Technology Acceptance Model (TAM) oleh Davis (1989) dan Theory of Planned Behavior (TPB) oleh Ajzen (1991) sebagai penggabungan dua model yang digunakan oleh Lin (2007) dan Bhattacherjee (2000). Penelitian ini menggunakan metode survei untuk memperoleh data. Responden penelitian ini sebanyak 187 mahasiswa jurusan Akuntansi FEB universitas Brawijaya yang pernah menggunakan layanan online shopping. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruk persepsi kegunaan dan kemudahan penggunaan mempengaruhi sikap serta konstruk pengaruh interpersonal dan pengaruh eksternal mempengaruhi norma subjektif. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa konstruk sikap dan norma subjektif berpengaruh positif terhadap minat individu menggunakan sistem online shopping. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi desainer sistem dan penyedia layanan online shopping, untuk lebih memperhatikan sisi manfaat dan kemudahan dalam mendesain sistem, serta membangun citra positif saat mempromosikan sistem online shopping ini di masyarakat.

English Abstract

Commercial sites provide new services for consumers to shop service product through online shopping system. Openness shopping via the internet is increasingly in demand by consumers because it provides a lot of benefits and convenience. This study aims to examine the factors that influence attitudes, subjective norms, and interest in using online shopping services by modifying the model Technology Acceptance Model (TAM) by Davis (1989) and Theory of Planned Behavior (TPB) by Ajzen (1991) as merging the two models used by Lin (2007) and Bhattacherjee (2000). This study used a survey to obtain data. Respondents this study were 187 university students majoring in Accounting FEB UB ever used an online shopping service. The results of this study indicate that the construct perceptions of usability and ease of use constructs influence the attitudes and interpersonal influences and external influences affect the subjective norm. The results of this study also showed that the attitude and subjective norm construct a positive effect on an individuals interest to use the online shopping system. The implications of this study are relevant for system designers and providers of online shopping, for more attention to the benefits and ease of system design, and build a positive image while promoting online shopping system is in the community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2015/119/051502207
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Mar 2015 14:15
Last Modified: 28 Oct 2021 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107686
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] Text
SKRIPSI_FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item