Variabel- Variabel Yang Mempengaruhi fee Based Income (Studi Kasus Pada Bank Pemerintah dan Bank Asing di Indonesia Tahun 2008 – 2012”.

Masita, Atik (2014) Variabel- Variabel Yang Mempengaruhi fee Based Income (Studi Kasus Pada Bank Pemerintah dan Bank Asing di Indonesia Tahun 2008 – 2012”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank merupakan salah satu lembaga yang memiliki peranan penting di dalam perekonomian suatu negara sebagai lembaga perantara keuangan. Perbankan adalah salah satu sektor kunci yang berfungsi sebagai lembaga intermediasi, yaitu menyalurkan dana dari pihak yang berkelebihan dana kepada pihak yang membutuhkan dana. Dari aktivitas utamanya tersebut, bank mendapat keuntungan yang diperoleh dari selisih bunga simpanan yang diberikan kepada penyimpan (penabung, girowan, serta deposan) dengan bunga kredit yang disalurkan. Keuntungan dari jasa bank dewasa ini semakin dibutuhkan, bahkan dari tahun ke tahun semakin meningkat porsinya. Hal ini disebabkan keuntungan dari spread based semakin kecil mengingat persaingan yg semakin ketat. Oleh sebab itu, disamping mencari keuntungan utama tetap dari spread based, dewasa ini semakin banyak bank yg mencari keuntungan lewat jasa-jasa bank atau fee based. Keuntungan dari fee based ini semakin diminati kalangan perbankan karena selain faktor risiko. Variabel yang mempengaruhi fee based income pada bank antara lain yaitu pendapatan provisi, komisi, fee; pendapatan transaksi valuta asing dan pendapatan lainnya Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel provisi, komisi, fee; pendapatan transaksi valuta asing dan pendapatan lainnya berpengaruh secara simultan yang signifikan terhadap fee based income pada bank pemerintah maupun bank asing di Indonesia. Sedangkan secara parsial, vaiabel yang berpengaruh signifikan pada bank pemerintah adalah provisi, komisi, fee dan pendaptan lainnya. Sementara variabel yang berpengaruh signifikan pada bank asing adalah provisi, komisi, fee;pendapatan transaksi valuta asing dan pendapatan lainnya. Fee based income pada bank asing dan bank pemerintah tidak berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/90/051402004
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Mar 2014 10:03
Last Modified: 28 Oct 2021 02:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107654
[thumbnail of skripsi_atik_masita__0910210027_.pdf]
Preview
Text
skripsi_atik_masita__0910210027_.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item